Header Ads Widget

Tutorial Belajar Mengemudi Mobil Matic

Cara Membawa Mobil Matic - Bagaimana cara menyetir mobil matic seperti honda freed ? saat kita mengemudi mobil matic tentu tak akan menjalani banyak kesedihan sebab mobil yang Bisa dikatakan mudah mengemudinya sebab lebih sederhana merupakan mobil matic. Meskipun demikian kita tetap aja akan menjalani rasa bingung saat membawa mobil matic, itu dikarenakan ada Disparitas cara mengemudi mobil automatic dengan manual. Salah satu yang wajib kita ketahui di mobil matic merupakan di cara memindahkan gigi mobil dengan transmisi automatic (matic). Oleh sebab itu untuk kita yang ingin belajar mengemudi mobil matic, kita wajib menghafal cara mengganti presneling mobil matic. 

Perbedaannya memang beda antara mengganti gigi mobil matic dan mobil manual. Namun perbedaan cara oper gigi mobil matic itu tak serumit dengan mobil manual, akan tetapi untuk keluhan kenyamanan saat membawa mobil matic itu tergantung di diri kita sendiri. Terdapat beberapa cara supaya kita Bisa Cepet memahami mengenai cara belajar mengemudikan mobil dengan transmisi otomatis (matic) sehingga Bisa terhindar dari kejadian yang tak kita inginkan.

Berdasarkan di banyak orang yang Bisa mengendarai mobil manual akan tetapi akan kesedihan saat membawa mobil matic, kami akan mencoba bagikan Tutorial mengenai cara mengendarai mobil matic seperti avanza, jazz, agy, ataupun mobil metik dengan cara apa pun dengan cara tercela. Oleh sebab itu mari kita simak teknik menyetir mobil transmisi otomatis / matic dibawah ini.

Tutorial Belajar Mengemudi Mobil Matic

Hasil gambar untuk persneling mobil matic

Gambar terkait

Gambar terkait

1. Fungsi dan kegunaan dari tombol serta huruf yang ada di mobil matic


1. Fungsi tombol hold dan kapan digunakannya tombol hold.

Sebenarnya tombol hold merupakan fitur penguncian gigi dan Bisa dioperasikan saat tangkai persneling dalam posisi D. bila tombol ini diaktifkan, maka akan Bisa mengunci mobil di gigi dua dan tiga. Fitur tombol hold ini Bisa membantu menghemat pemakain  BBM saat mengemudi mobil matic ke luar kota.

2. Arti huruf di persneling mobil matic beserta fungsinya.

Arti huruf di persneling matic :
  • (P) untuk gear Parking
  • (R) untuk Mundur
  • (N) untuk Normal
  • (D) untuk mengemudi / drive

Sedangkan di mobil matic keluaran jepang dan asia terdapat angka 1 - 2 atau 3 dan L.

Posisi (D) inilah yang paling sering digunakan sebab mobil matic berjalan di jalan biasa dan normal wajib mempergunakan transmisi gigi drive (D). Selain itu saat kita mengemudi mobil matic memakai transmisi gigi dengan posisi (D) Bisa membantu menghemat bahan bakar BBM.

Sedangkan untuk fungsi angka 1 - 2 - 3 dan M merupakan hampir sama dengan setara transmisi gigi di mobil manual biasa. Jadi saat akan menyetir mobil matic di jalan yang menanjak atau menurun dengan bahaya kondisi jalan yang tak menyenangkan, transmisi gigi ini wajib kita gunakan.

2. Cara awal menjalankan mobil matic


  • Pertama - tama bila kita sudah siap untuk menjalankan start dengan transmisi matic langkah awalnya merupakan injak pedal rem diikuti dengan menggeser tuas transmisi Futuristis D (supaya mobil matic Dinamis maju) sedangkan R (supaya mobil matic Dinamis mundur).
  • Setelah kita menggeser tuas, lepas pedal rem yang kita injak dan diikuti dengan rem tangan yang mempunyai fungsi untuk menonaktifkan parking brake.
  • Sebagai langkah beriktunya kita wajib melepas rem serta menonaktifkan parking brake, langkah selanjutnya supaya mobil matic Dinamis maju injak pedal gas dengan cara perlahan. Namun jangan menginjak pedal gas dengan cara mendadak atau terlalu dalam, sebab Bisa mengakibatkan konsumsi BBM yang terlalu boros.

3. Cara mengemudi mobil matic di tanjakan


bila kita akan melewati jalanan menanjak langkah yang wajib kita lakukan saat menyetir mobil matic merupakan geser tuas transmisi dari D ke L/1. Ini dilakukan sebab posisi transmisi ini merupakan posisi paling ringan letak gear berada yang akan menjadikan mobil matic dengan mudah melaju di jalan tanjakan.

Disini kami performance-car-desaign juga akan mberikan suatu teknik mengemudi mobil matic saat berada di wilayah yang penuh dengan tanjakan, berikut Keterangan Tutorial menyetir mobil matic di jalan tanjakan :

  • bila jalan tanjakan tak terlalu tinggi dan tak begitu macet, supaya putaran mesin tak ngedrop langkah yang wajib dilakukan merupakan dengan memposisikan tuas persneling tetap dalam posisi D.
  • Namun apabila jalan tanjakan terasa cukup tinggi dan macet dan kita merasakan putaran mesin turun dengan Cepet, maka tindakan yang wajib kita lakukan merupakan geser posisi tuas persneling ke posisi 2. Diikuti dengan pijakan pedal gas dan jangan terlalu dalam.
  • bila kita akan melewati jalan tanjakan yang begitu curam, tak jauh berbeda dengan mobil manual yang memakai posisi di gigi 1 namun di mobil metik posisi tuas di posisi L. Hal seperti ini dilakukan supaya kita Bisa melaju dengan stabil dan mampu melewati tanjakan memakai mobil automatic.

4. Cara mengemudi mobil matic di jalan yang macet


  • bila kita wajib berhenti di saat mobil matic terjebak macet, usahakan untuk menggeser persneling ke D. Sebab bila kita tak menggeser persneling Bisa mengakibatkan kopling transmisi automatic menjadi Cepet Hilang (aus).

 baca juga : Cara Belajar Menyetir Mobil Manual Dengan Mudah untuk Pemula

5. Langkah yang dilakukan saat parkir dengan mobil matic


  • kita tak akan Bisa untuk melepaskan anak kunci bila kita hendak memarkirkan mobil dengan tansmisi automatic tak menggeser tuas persneling dari D ke P.

6. Keistimewaan mengemudi mobil matic


  • Salah satu keunggulan mobil matic merupakan saat kita sedang dalam posisi standby / istirahat, kita hanya wajib meletakkan kaki kiri di tempat injakan kaki (foot rest), dan memakai kaki kanan untuk menginjak pedal rem atau pedal gas (akselerator).

7. keluhan yang sering ada bila kita masih baru / pemula dalam mengendarai / menyetir mobil matic


1. Mengapa mobil matic tak Bisa di nyalakan ?

di mobil dengan transmisi gigi otomatis (mobil matic) umumnya gas sudah hingga tingkat Eksklusif besar dalam posisi idle (pedal gas tak diinjak), sehingga apabila tuas persneling diposisikan di D (drive) dengan sendirinya mobil sudah akan Bisa Dinamis dengan cara perlahan. Itulah alasan kenapa mesin mobil matic tak Bisa dihidupkan apabila pedal rem tak diinjak. 

2. Mengapa persneling mobil matic tak Bisa dioper / dipindahkan ?

Pedal rem wajib selalu diinjak setelah mesin hidup. Sebagai pengaman, itulah yang menjadi alasan tuas persneling tak Bisa dipindahkan dari huruf P (parking) ke huruf D.

Demikian pembahasan singkat namun detail untuk artikel bagaimana cara belajar menyetir mobil matic. Semoga setelah membaca artikel ini semakin mudah dalam mengendarai mobil matic entah di saat mengemudi di jalan tanjakan , kemacetan ataupun saat akan parkir memakai mobil matic.

Post a Comment

0 Comments