Header Ads Widget

Membuat Charger HP Sederhana Di Motor


Tifamotor.com - Cara membuat charger HP di motor sebenarnya hingga tingkat Eksklusif mudah, bahan-bahan yang digunakan nya pun hingga tingkat Eksklusif mudah didapat di toko elektronik.
di rank nya aki merupakan "powerbank" yang Bisa kita gunakan untuk mencharger HP, namun wajib menambahkan rangkaina tambahan.

Aki di motor umumnya mempunyai tegangan 12 volt, sedangkan input tegangan di ponsel sekitar 3,7 volt. bila langsung di hubungkan dari aki ke HP akan kelebihan tegangan dan mengakibatkan keruksakan di HP tersebut. Untuk menurunkan tegangan tersebut dari 12 volt ke 3,7 volt, dengan cara membuat suatu rangkaian sebelum di hubungkan ke HP, berikut cara-caranya ;

Bahan-bahan :

1. Papan PCB matrik
2. IC 7812 dan 7805
3. Kapasitor elco 2200uf/25v dan 220uf/16v
4. saklar
5. sekring
6. Box
7. Kabel USB bekas

Cara merangkainya :

- Siapkan solder dan tenol untuk proses penyoldera, siapkan dan rangkai bahan-bahan tersebut di atas papan PCB seperti gambar bawah ini.
- Psang sikring dan saklar kabel in serta USB di posisi out, dan perhatikan biasa nya di USB mempunyai 4 kaki, kaki paling kanan merupakan (+) dan kaki paling kiri (-), untuk ke dua kaki yang fragmen tengah tak akan di gunakan. Perhatikan gambar di bawah ini :
- Setelah itu masukan rangkain tersebut di box supaya nampak rapi. wajib diketahui, kenapa pakai 2 buah IC, tujuannya untuk memastikan tegangan yang masuk ke IC 7850 merupakan 12 volt. Hal tersebut dimaksudkan supaya IC 7850 tak akan terlalu Hangat sebab tegangan di aki motor Bisa lebih dari 12 volt.  

Post a Comment

0 Comments