Header Ads Widget

Cara Mudah Merawat Mobil Matic supaya Tetap Awet

Tutorial merawat mobil matic - Bagaimana cara merawat mobil matic suapaya lebih awet ? tak sedikit orang yang hobi di otomotif mengatakan bahwa saat kita mengemudi mobil matic akan banyak biaya yang wajib dikeluarkan untuk perawatan mobil matic. Berdasarkan mitos mengenai mobil matic tersebut banyak orang yang berpikir dua kali saat akan membeli mobil matic bagus mobil baru ataupun mobil matic bekas. Sebenarnya merawat mobil matic membutuhkan cost yang hingga tingkat Eksklusif mahal itu dikarenakan belum banyak bengkel mobil yang Bisa menjalankan perbaikan tansmisi mobil matic sehingga kita wajib pandai - pandai menjaga kondisi mesin matic supaya performance mobil tersebut tetap terjaga.

Sebenarnya tak ada ruginya bila kita mengemudi mobil matic. Meskipun dalam perawatan mobil dengan tansmisi automatic (matic) hingga tingkat Eksklusif sulit dan memerlukan banyak biaya perbaikan transmisi serta mengganti oli untuk mobil matic, tetap aja mobil matic mempunyai kelebihan di kenyamanan dalam mengemudi di jalan macet. Sebab mobil matic berbeda dengan mobil manual yang wajib dikendalikan kopling dan tuas presneling saat kita terjebak di kemacetan, sedangkan bila kita menyetir mobil matic kita tak akan terasa pegal mengatur pedal kopling dan transmisi gigi tersebut.

Hasil gambar untuk Mengatasi Mobil Mogok

saat di akumulasikan tiap 2 tahun sekali, bila kita menjaga kondisi mobil matic dengan tepat biaya untuk service mobil matic sebenarnya lebih murah dari di mobil dengan transmisi manual. di saat kita menjalankan perbaikan persneling kopling mobil manual wajib ditukar dalam waktu itu, berbeda dengan mobil matic yang transimisi gigi automatic Bisa ditukar lebih 5 tahun namun juga tergantung di penggunaan. Dan kali ini kami akan mencoba bagikan Tutorial merawat mobil matic supaya kita Bisa menjaga performance serta kita tak akan bingung lagi mengenai waktu mengganti oli mobil matic tersebut.

Cara Mudah Merawat Mobil Matic supaya Tetap Awet


1. Kenali potensi kerusakan di mobil matic


Untuk mengetahui kondisi mobil matic kita dalam keadaan prima atau tak sebaiknya dalam beberapa bulan sekali lakukan tes uji jalan terhadap mobil matic kita, caranya merupakan :
kita hingga tingkat Eksklusif menjalankan mobil matic seperti biasanya, setelah itu cobalah memindahkan persneling. Rasakan di saat kita memindahkan tuas persneling, saat kita mengoper persneling keluar suara bising dan mobil cukup sedikit tergoncang itu artinya terdapat potensi keluhan di bagian transmisi mobil matic kita. Apabila hal tersebut ada, service Cepet mobil matic kita ke bengkel untuk dilakukan perbaikan sebab transmisi mobil automatic merupakan bagian yang sangat sangat diperlukan.

2. Rutin dalam penggantian oli


Salah satu perawatan mobil matic yang tak kalah sangat diperlukan merupakan penggantian oli mesin. Meskipun nampak sederhana dan tak sedikit orang yang tak memperdulikannya, untuk kita yang sering mengemudi mobil matic ke luar kota sudah seharusnya jangan abaikan keluhan pengecheckan oli mobil matic sebelum berpergian. Jangan hingga kita tak mengecheck keadaan oli, sebab hal tersebut Bisa mengakibatkan kerusakan di bagian sistem transmisi matic mobil kita. Selain berfungsi untuk melumasi mesin mobil matic kita, Oli matic juga mempunyai peran untuk meneruskan daya gerak mesin supaya tetap lancar. Untuk itu performance-car-desaign menyarankan supaya kita memakai oli transmisi mobil matic yang Yang patut diperhatikan, oli Eksklusif untuk mobil matic tersebut sering disebut juga dengan automatic transmision fluid. Kapan kita ganti oli mobil matic tiap berapa km ? dengan cara Mekanisme pergantian oli mobil matic saat mobil kita telah mencapai jarak antara 80.000 km hingga 100.000 km.

3. Pemanasan di mesin mobil matic sebelum kita kendarai


Mungkin untuk kita kegiatan memanaskan mobil matic sebelum bepergian menjadi hal yang sepele, akan akan tetapi bila kita tak pernah melakukannya Bisa membuat mesin mobil matic menjadi terganggu di setelah itu harinya. Tutorial merawat mobil matic di saat pemanasan di pagi hari / akan bepergian dengan memposisikan tuas transmisi dalam posisi N.

4. Perawatan transmisi gigi mobil automatic (matic)


Tutorial merawat mobil matic yang terakhir merupakan di pengoperasian / penggunaan persneling. Biasakan kita tak memakai persneling (P) bila keadaan mobil matic belum tepat-tepat berhenti. setelah itu saat kita akan memarkirkan mobil matic, jangan terlalu sering bahkan coba hindari untuk memasukkan persneling (D). Apabila kebiasaan buruk tersebut sering kita lakukan, dikhawatirkan akan berdampak di kerusakan bagian persneling kopling mobil matic milik kita. Cara yang paling menguntungkan merupakan kita hingga tingkat Eksklusif dengan memindahkan tuas transmisi di posisi (P) saat hendak memarkirkan mobil.

Selain itu terdapat beberapa Penyebab transmisi mobil matic menjalani kerusakan, diantaranya :

  • Kopling slip yang membuat tak ada keseimbang antara putaran mesin dengan laju mobil.
  • Mesin mobil matic mengeluarkan suara yang keras saat melaju dengan kecepatan tinggi
  • Dan yang terakhir merupakan menghentaknya gigi persneling saat kita mengoper persneling.

baca juga :
Tutorial Belajar Mengemudi Mobil Matic
Cara Belajar Menyetir Mobil Manual untuk Pemula

Oleh sebab itu persneling matik membutuhkan perawatan lebih bila dibandingkan dengan transmisi manual, terutama di bagian gearbox. Berikut hal - hal yang wajib kita ketahui dalam hal cara merawat mobil matic :

1. Automatic Transmision Fluid

  • Di dalam gearbox mobil matic, terdapat fluida yang bernama Automatic Transmission Fluid (ATF) dan mempunyai fungsi tak hanya untuk melumasi. Prinsip execrable hidrolis di gearbox matic memerlukan Perantara untuk mengatur perpindahan gigi serta merapatkan plat kopling. Oleh sebab itu bila tingkat viskositas kekentalan turun, akan selalu diikuti dengan tekanan yang dihasilkan  juga akan berkurang. Selain itu sebab tak terdapat proses pembakaran di transmisi matic, turunnya viskositas fluida Bisa mengakibatkan kontaminasi yang berdampak di masa pakai.

2. Kopling slip

  • Gejala kerusakan di transmisi mobil matic Bisa kita rasakan dari slip kopling. Ini Bisa nampak saat tak ada Ekuilibrium putaran mesin di saat mobil matic melaju. Mesin sudah meraung di putaran tinggi, akan akan tetapi mobil matic berjalan dengan laju yang tak seimbang dengan deru suara mobil.

3. Perpindahan Gigi

  • wajib kita waspadai saat kita menjalani perpindahan gigi persneling yang menyentak tak mulia seperti biasa. Hal tersebut Bisa kita cek dengan  memasukkan persneling memakai posisi D atau R, setelah itu lepaskan rem. Dalam kondisi kondisi normal mobil matic akan langsung melaju akan akan tetapi bila menyentak itu Bisa menjadi suatu pertanda keluhan di transmisi matic.
 
Demikian Tutorial merawat mobil matic yang Bisa kami sampaikan yang telah mengulas tata cara merawat mobil matic dengan tepat supaya mobil matic tetap awet. Semoga artikel kami kali ini Bisa bermanfaat untuk kita semua dan bila kita membeli suatu mobil matic jangan lupa membaca buku panduannya sebab disitu berisi mengenai bagaimana cara perawatan mobil matic yang bagus dan juga beberapa informasi mengenai garansi mobil. demikian dan terima kasih ..

Post a Comment

0 Comments