Header Ads Widget

Mengatasi Aki Lemah Bisa Normal Kembali

tifamotor.com

Tifamotor.com - Accu atau biasa orang menyebut nya dengan Aki adalah komponen sepeda motor yang adalah penyedia arus listrik DC, yang berfungsi untuk menyalakan mesin, dan lampu hingga menstabilkan tegangan, wajib diketahui bahwa aki mempunyai batas waktu pemakaian yang di akibatkan faktor-faktor Eksklusif.

Faktor yang membuat aki soak atau lemah dikarenakan oleh kering nya elektrolit di aki, plat elemen atau sel aki telah menipis sebab korosi, dan penumpukan kotoran yang menempel di plat elemen/sel aki.
Kotoran tersebut akan menghalangi kontak antara elektrolit dengan plat elemen, sehingga elektrolit menjadi terhalang dan tak Bisa menyentuh plat sel aki, alhasil reaksi kimia nya terganggu maka listrik nya juga akan terganggu.

Nah, lalu bagaimana cara membersihkan plat elemen yang berada di dalam aki tersebut?
Banyak artikel yang di ulas oleh para blogger, dengan cara Publik yang biasa di lakukan merupakan mencucinya dan menguras dengan air Hangat, serta ada juga yang bilang dengan menambahkan serbuk EDTA di cairan elektrolit nya. alhasil aki malah makin parah, ada juga yang sukses, cuman umurnya paling bertahan 3 hari.

Seperti yang di lansir dari akikuawet.blogspot.com, bahwa aki yang sudah lemah atau yang sudah tak ke pakai jangan langsung di buang, sebab aki tersebut Bisa kembali sehat dengan pengurasan memakai air garam. bagus akan ane bagikantips nya ya,,,

Pertama siapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan, di antara nya : Obeng, pisau, garam dapur, accu zuur, air aki murni, dan satu ember air biasa.
Setelah bahan terkumpul semua, aki yang telah di keluarkan dari box penyimanan dari motor nya, buka semua baud tutup aki nya, lalu cairan elektrolit yangberada di dalam aki nya di keluarkan semuanya. setelah cairan elektrolit  aki keluar, lalu cucilah sel aki dengan air Higienis, setelah dirasa hingga tingkat Eksklusif Higienis selanjutnya aki diletakan telungkup supaya air turun semua.

Sambil menunggu air turun, buatlah larutan air garam dari segelas air murni (air aki) di tambah satu sendok garam dapur, lalu masukan larutan tersebut ke dalam aki hingga hampir penuh kira-kira 2cm dari mulut aki. Selanjutnya aki di charge( dicas) 10 hingga 15 menit, bila tak punya charger hingga tingkat Eksklusif pasangsaja di motor nya sambil di nyalakan mesin nya.

Setelah beres di charger aki tersebut di kuras atau di keluarkan larutan air garam tadi, lalu kuras lagi aki tersebut dengan air Higienis, setelah kering isi aki dengan memakai accu zuur, dan bersihkan bodi aki dengan air supaya tak merusak tempat/box aki, setelah itu charger aki hingga penuh Anemia lebih 1,5 jam, atau Bisa dipasang langsung di motor nya sambil dihidupkan mesinnya.
Dengan cara terapi di atas aki akan kembali sehat, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.   






Post a Comment

0 Comments