Header Ads Widget

Kapan Waktunya Ganti Ban Dalam ?

ban dalm

Barudak Motor - Ban dalam merupakan salah satu dari komponen motor yang tak Bisa dilihat dengan cara langsung, hal tersebut akan membuat Bro n Sis sulit untuk mengetahui kapan waktunya mengganti, namun bukan berarti wajib terus-terusan dipakai dan di ganti saat ban dalam ruksak aja.

tak seperti ban tubetype atau ban tubeless yang punya indikator masa keausan, merupakan simbol TWI (tread wear indicator), Penyebab TWI berupa Penyebab segitiga yang tertera di sisi ban dan juga di tonjolan di sela-sela pola, yang menunjukan batas keausankembang ban.

Seperti yang di lansir dari Fdrtire, bila keausan tapak ban luar sudah mencapai Penyebab ini, sebaiknya ban tersebut wajib Cepet di ganti.

Nah untuk ban dalam sendiri memang tak ada batasan waktu, kapan Bro n Sis wajib menggantinya, namun wajib tahu Bro n Sis mengetahui apakah kondisi ban dalam masih luar biasa di gunakan atau tak, dengan cara mengingat kapan dan sudah berapa kali Bro n Sis menambal ban, semakin banyak tambalan maka Bisa berakibat di putaran roda  yang dimana bila di kendarai motor akan terasa tak seimbang, permukaan ban tak rata, dan akan muncul benjolan-benjolan yang beresiko tambalan akan kembali bocor, dan sebaiknya Cepet ganti bila tambalan sudah terlalu banyak.

Kebanyakan para biker suka membiarkan ban dalam keadaan kempes, itu Bisa mengakibatkan keausan ban luar, begitu juga dengan ban dalam pentil nya akan Cepet ruksak apabila ban sering dalam keadaan kempes sebab ban luar provokatif ban dalam saat roda berputar.

Yang wajib Bro n Sis lakukan dimana mau ganti ban luar, ban dalam juga turut d ganti, meski tak langsung bersentuhan dengan jalan, ban dalam juga Bisa aus yang di akinatkan dari ban luar bergesekan dengan jalan mengakibatkan Hangat di area ban dalam, dari Hangat tersebut  ban dalam yang berbahan foul karet itu akan mengeras, dan lama kelamaan akan Rapuh sehingga mengakibatkan kebocoran, intinya ban dalam yang sudah lama dipakai wajib Cepet di ganti.   


Post a Comment

0 Comments