Header Ads Widget

Tips Cara Penyetelan klep Sepeda Motor 4T













Berikut ini saya tulis dengan cara ringkas cara cara yang tepat menyetel klep di Sepeda Motor Honda.
1. Persiapkan alat-alat antara lain;

1.      Obeng (-) besar
2.      Kunci T 17 (untuk motor Supra X 125/Kharisma)
3.      Kunci T 14 (untuk motor Supra Fit, Tiger)
4.      Ring 8-9 (untuk motor tipe bebek)
5.      Ring 10-11 (untuk motor tipe Sport)
6.      Ring 17 (untuk motor tipe Sport)
7.      Ring 24 (untuk motor tipe bebek)
8.      Fuller gauge 1set
9.      Valve Adjusting wrech (kunci klep)
2. Buka kedua tutup klep (In dan Ex) dengan memakai kunci Ring 17(tipe bebek) atau Kunci Ring 24(tipe Sport)
3. Awalnya posisikan supaya kondisi valve bebas atau posisi piston di Titik Mati Atas (TMA), dengan cara buka tutup magnet di blok mesin kiri dengan memakai Obeng (-) besar (ada 2 buah ), pergunakan kunci Ring 14/17 untuk memutar poros engkol Antagonis dengan jarum jam.
4. Sambil memutar poros engkol, perhatikan di saat valve In Dinamis, lihat di lubang kecil di blok magnet, posisikan Penyebab T di garis lurus di lubang kecil blok magnet.
5. setelah itu pegang dan gerak-gerakkan kedua klep untuk memastikan keduanya sudah dalam posisi bebas.
6. bila langkah diatas sudah tepat, maka lakukan penyetelan valve dengan ukuran untuk tiap-tiap motor sbb;
·         Tipe Sport (Tiger,Mega Pro,GL Pro,Phantom) ukuran = 0,10mm (±0,01mm).
·         Tipe Bebek (Supra Fit, Grand, Legenda, Supra X, Win, GL 100) ukuran celah klep = 0,05mm (±0,01mm).
·         Tipe Bebek (Supra X 125, Kharisma, Kirana) ukuran celah klep = 0,03mm (±0,01mm)
·         Tipe Matik (Vario) ukuran celah klep ( Klep In : 0,15mm (±0,01mm) Klep Ex : 0,26mm (±0,01mm) )
Cara penyetelannya merupakan, kendorkan mur pengikat tappet adjuster (baut stelan klep) dengan memakai Ring 8-9 / 10-11
7. Lalu letakkan Fuller gauge sesuai ukuran celah klep kedalam ujung batang klep, putar tappet adjuster(baut stelan klep) hingga terasa apabila fuller gauge di tarik terasa seret dan apabila didorong tak akan Bisa.
8. setelah itu keraskan lagi mur stelan klep dan cek ulang hasil stelan klep tadi, hingga hasilnya tepat, (bila fuller gauge terasa ditarik seret dan di dorong tak akan Bisa)
9. Tutup kembali semua komponen yang tadi dibuka setelah itu rasakan hasilnya. MANTAP!

Post a Comment

0 Comments