Header Ads Widget

Cara Service Kaburator Motor Honda Vario Tanpa Ke Bengkel

Cara stel karburator - Bagaimana cara service karburator motor matic vario bila kita melakukannya sendiri tanpa pergi ke bengkel ? Tentu tak sedikit pengguna motor vario matic yang belum mengetahui cara melepas karburator honda vario yang mereka miliki. Komponen yang mempunyai peranan terpenting di suatu motor bebek ataupun matic merupakan karburator sebab fungsinya yang sebagai tempat menyatukan udara dan bahan bakar sebelum diproses ke dalam ruang pembakaran. Di dalam suatu karburator sendiri juga terdapat beberapa settingan yang mempunyai tujuan supaya motor matic Bisa melaju kencang dengan penggunaan bahan bakar / bensin yang irit. Namun rata - rata di masa sekarang ini motor matic keluaran terbaru mulai meninggalkan sistem pembakaran yang memakai karburator dan mulai mengaplikasikan teknologi EFI (atau singkatan dari Electric Fuel Injection) atau bahan bakar terkomputerisasi.

di jaman sekarang tentu kita akan sulit untuk mencari seorang mekanik motor yang Ahli dalam bidang setting karburator motor terlebih lagi untuk menyetel karburator motor matic vario sebab perkembangan motor vario matic karburator mulai dikalahkan oleh motor vario matic Injeksi. Padahal bila kita tak merawat karburator motor matic dengan menjalankan service di komponen karbu motor tersebut Bisa mengakibatkan motor tersendat bahkan hingga motor vario matic mogok. Lalu bagaimana cara membersihkan karburator motor honda vario bila motor matic kita menjalani masalah / keluhan di karburatornya ? Akan akan tetapi bila kita tak Bisa membongkar karburator motor matic namun kita ingin membersihkan karburator motor matic tanpa membongkar solusinya merupakan dengan membersihkan karburator dengan semprotan pembersih karburator.

wajib untuk kita ketahui bahwa cara membersihkan karburator motor matic itu terdapat 2 metode. Cara yang pertama merupakan dengan membongkar dan setting karbu atau membersihkan karburator motor vario matic hingga tingkat Eksklusif dengan memakai carburator cleaner yang Bisa kita peroleh di toko onderdil motor. Akan akan tetapi di kesempatan kali ini Majalah Barudak Motor akan mencoba membahas cara service karburator motor matic honda vario dengan memakai metode yang pertama. Langsung aja mari kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara menyetel karburator motor matic supaya irit tanpa ke bengkel yang Bisa dilakukan di motor vario 110 cw atau biasa, vario techno 125 karburator.

Cara Service Kaburator Motor Honda Vario Tanpa Ke Bengkel


cara membersihkan karburator motor matic

Cara membersihkan karburator motor honda


  1. Langkah pertama merupakan melepas aki dan juga kabel (+)  (-) dari dudukan di u box atau bagasi, setelah itu buka 4  baut pengikat bagasi dan dudukan jok motor. setelah itu lepas jok motor beserta bagasi dari  frame body vario.
  2. Setelah itu lepaskan baut pengikat manifold karburator memakai kunci T-sock.
    cara membersihkan karburator motor matic
  3. Langkah selanjutnya lepas clamp pengikat selang - selang bensin dan juga selang - selang vakum dengan cara apa pun.
    cara membersihkan karburator motor matic
  4. bila langkah diatas sudah kita lakukan lalu lepas selongsong settingan Dawai slink kabel gas yang terpasang di thothle karbu, setelah itu kendurkan baut clamp pengikat karbu di manifold. Dengan begitu karburator sudah Bisa kita angkat dari area head engine. sebab ada system auto choke yang kabelnya terhubung di karburator vario, cara pembersihan karbu hingga tingkat Eksklusif di area atas deck aja tanpa wajib melepas auto choke.

  5. Tahap berikutnya lepaskan main jet dan pilot jet, lalu bersihkan semua lubang dan saluran dengan carb cleaner setelah itu bilas dengan compressed air. bila membran vakum tak menjalani keluhan maka tak wajib dibongkar, begitu juga dengan celah klep sebab tak ada keluhan dan vario ini masih low kilometer maka  penyetelan celah klep belum wajib dilakukan.
    cara membersihkan karburator motor matic
  6. Sebelum dipasang komponen-komponen karburator, sebaiknya jangan lupa untuk mengatur ketinggian pelampung bensin dengan memakai jangka sorong / stigmat.
  7. Langkah terakhir pasang kembali bagian - bagian komponen karburator yang tadi dilepas. Rakit karburator dan filter udara dengan dipasangkan kembali di lubang mesin. 

Catatan :
  • Jangan lupa setel kondisi langsam motor di keadaan mesin hidup. Cara settingan angin karburator vario 110 dengan cara memutar searah jarum jam hingga mentok, setelah itu putar balik beberapa putaran sesuai dengan Baku mesin atau kondisi mesin motor kita.
  • Setel juga baut penyetel langsam yang terletak di pinggir badan karburator. Setting dalam keadaan Hangat mesin yang ideal. settingan putaran mesin jangan terlalu rendah atau pelan sebab hal tersebut Bisa menyebabkan oli tak Bisa naik sebab tak terpompa karena rendahnya putaran mesin.

baca juga :
Tutorial Memanaskan Mesin Motor Matic supaya Kondisi Mesin Tetap Awet
Cara Merawat Motor Honda Vario Matic


Demikian artikel kami kali ini yang membahas mengenai cara membersihkan dan menyetel karburator motor honda vario tanpa pergi ke bengkel ahass. Semoga artikel kami diatas Bisa bermanfaat untuk para pengguna motor matic khususnya motor honda vario. Dan wajib kami ingatkan sekali lagi jangan hingga lupa untuk menyetel karburator setelah kita membongkar karbu motor matic tersebut supaya kita menemui performance mesin motor matic sesuai dengan yang kita harapkan, demikian dan terima kasih ..

Post a Comment

0 Comments