Header Ads Widget

Hanya Dengan Resistor Lampu Motor jadi lebih brilian


Barudak Motor - Lampu adalah peran inti dalam berkendara di waktu malam, bila lampu Anemia brilian cahaya nya, maka Etos si pengendara tersebut terbatasi oleh gelap nya malam. Apalagi kalau Antagonis dengan mobil, cahaya lampu mobil lebih brilian, akibatnya Etos kita pun akan di buat silau.

Nah untuk itu ane timbang masuk pakai resistor hingga tingkat Eksklusif 1bh aja. kenapadengan resistor? gini logika nya. Kiprok atau regulator adalah komponen motor yang berpungsi sebagai pengubah arus Ac dari generator menjadi arus DC, selain itu fungsi dari kiprok adalah sebagai pembatas tegangan.Generator/spull di sepeda motor menyebabkan listriknya berdasarkan putaran mesin, intinya semakin tinggi putaran maka akan semakin tinggi pula tegangan yang di keluarkan, nah kiprok tersebut tersebut bekerja sebagai penahan tegangan supaya walaupun putaran mesin tinggi tegangan yang ke lampu dibatasi supaya tak boleh lebih dari 13 volt.

Dari hasil uji coba yang ane lakukan dengan memasang resistor ukuran 680 ohm/1watt di kabel yang warna kuning di soket kiprok nya, maka di Bisa tegangan yang keluar Futuristis lampu menjadi 15 volt. dengan demikinan maka bila tegangan naik, maka lampu pun akan menjadi lebih brilian. (lihat gambar di atas)

bila Bro ingin menambah lagi tegangan nya coba Bro eksperimen sendiri dengan mengganti resistor yang lebih tinggi tega ngan nya, namun wajib di ingat makin tinggi tegangan maka lampu akan Cepet Frustasi. Atau Bro Bisa memakai variabel resistor jenis potensio, jadi Bro tinggal puter puter potensio nya untuk mendapakan cahaya lampu yang di inginkan. Resistor Bisa Bro dapatkan di toko elektronik terdekat.

Demikian, mudah mudahan bermanfaat, terimakasih atas kunjungan nya.

Post a Comment

0 Comments