Header Ads Widget

Karbu Vakum Bermasalah, Inilah Cara Merubah Karburator Vakum Jadi Karbu Pakai Skep

karburator vakum

Karbu Vakum Bermasalah, Inilah Cara Merubah Karburator Vakum Jadi Karbu Pakai Skep

Sejak motor matic meraja di indonesia, maka populasinya bisa dikatakan merata dan hampir setiap rumah memiliki motor matic, selain suzuki satria yang menggunakan karbu vakum, semua motor matic menggunakan karbu vakum, namun pada kenyataannya karbu vakum memberi masalah tersendiri pada pengendaranya khususnya yang berkaitan dengan tarikan dan konsumsi BBM pada karbu Vakum. Karbutaror Vakum memang berbeda dengan karbu konvensional dari mekanisme kerjanya, dimana karbu vakum mengandalkan daya hisap dari ruang bakar, jika karbu konvensional (skep), membaca dari tarikan yang dilakukan oleh pengendaranya. Sebenarnya karbu vakum jarang bermasalah, jarang brebet dan mengalami troble lainnya, kecuali pernah melakukan perubahan dan setting karbunya tidak tepat, itu akan menimbulkan gejala karburator vakum rusak atau bermasalah.

Kebanyakan Pengendara dengan karburator vakum banyak mengeluhkan tentang tarikan motornya yang kurang, baik torsi dan akselerasinya, dan juga kadangkala kalau motornya sudah berumur, karbu vakum bisa susah langsam tarikannya. Dari permasalahn itu muncullah trik mengganti karbutaror vakum dengan karbu konvensional (menggunakan skep). Apa keuntungan menggunakan karbu Skep dibanding karbu Vakum? yang jelas ada pada trikan motor anda. Nah penasaran bagaimana cara mengganti karburator Vakum dengan karbu konvensional (pakai skep), berikut tutorialnya yang dilansir dari Tifamotor.Com.

Di masa sekarang ini Sebelum diterapkan nya teknologi Injeksi di sepeda motor, diantara pabrikan motor banyak mengaplikasikan Constan Velocity atau karburator jenis vakum, seperti diterapkan di jenis motor skutik ataupun sport misalnya Mio, Beat, Spin, Vario, Thunder, Satria FU dll. Walaupun karburator jenis vakum di klaim terbilang lebih irit bahan bakar, dengan alasan gerakan skep tak mengikuti gerakan putaran grip gas, melainkan berdasarkan kevakuman yang ada di intake manifold. Namun tak begitu Fenomena nya, terkadang karburator vakum sering error (BERMASALAH dan mengalami Troble) bila sudah lama pemakaiannya apalagi yang sudah melakukan open filter pada karburator Vakumnya. Selain itu bila karet vakum nya sobek, kita wajib mengeluarkan uang yang tak sedikit untuk menggantinya dengan yang baru.

Cara Merubah Karburator Vakum Jadi Karbu Pakai Skep

Nah untuk itu, daripada diganti dengan membeli karburator Vakum baru yang ternyata harganya selangit, alternatif nya Bro Bisa merubah vakum nya menjadi skep, dan kembali ke konvesional dimana gerakan skep atau piston karbu tak lagi memanfaatkan ke vakuman tapi langsung mengikuti gerakan grip gas nya, alhasil tarikan motor di putaran bawah menjadi responsive.

Dengan cara merubah dan melepas bagian kupu kupu dan karet vakum dengan perubahan layaknya karburator konvensional dengan piston karbu dan per. Pekerjaan tersebut tak Bisa di kerjakan sendiri, Bro wajib cari tukang Bubut yang profesional, sekarang di tiap wilayah banyak penyedia Bubut Eksklusif untuk motor. Untuk Bro yang masih bingung cara pengerjaan nya, di bawah ini kita lampirkan gambar nya untuk di lihatkan ke tukang Bubut nya. Jangan Lupa baca Juga Cara Service Kaburator Motor Honda Vario Tanpa Ke Bengkel


karburator vakum


merubah karbu vakum ke skep
  

Post a Comment

0 Comments