Header Ads Widget

Begini Caranya supaya Lampu Motor jadi Lebih brilian Dengan memakai Relay

lampu motor lebih brilian

Barudak Motor - Sebelum ane bahas cara nya, kita bahas dulu apa fungsi dari relat tersebut. Relay merupakan komponen elektronika yang terdiri dari electromagnetik berupa kumparan dan kontak poin, yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik kecil menjadi arus besar.

di umumnya relay mempunyai 4 buah terminal dengan masing - masing kode merupakan, 85, 86, 30, dan 87. Nah mari kita bahas gimana cara merangkai nya di lampu motor. Pertama tama Bro wajib beli dulu relay nya 2 pcs, Bisa di bengkel motor atau toko elektronika juga banyak, dengan harga yang hingga tingkat Eksklusif murah di kisaran Rp.20,000/pcs, soket relay, kabel, solasi.

relay buat lampu motor lebih brilian


Setelah bahan terkumpul rangkai relay tersebut , langkah pertama hubungkan terminal/kode 30 ke fragmen positf baterai (Bisa di ambil dari kabel cukup lampu sebelum sasuk ke saklar). Lalu hubungkan terminal/kode 87 ke lampu cukup ( kabel dari fitting lampu) dan yang kode 85 di sambungkan ke saklar lampu panjang - pendek dengan cara dipotong kabel nya, bila dalam penempatan relay nya tak menggangu, cari ruang yang kosong dan Bisa di sambung dengan kabel. dan terakhir terminal/kode 86 di sambung ke negative, Bisa di sambung ke kabel yang di fitting lampu, untuk motor Honda kabel negative berwarna hijau, yamaha hitam, suzuki hitam garis putih.

Gimana sudah paham? Untuk lebih jelas nya Bro Bisa lihat gambar skema pemasangan nya di bawah ini.

membuat lampu brilian dengan relay


Demikian cara membuat lampu supaya lebih brilian, terimakasih atas kunjungan nya.

Post a Comment

0 Comments