Header Ads Widget

Sistem Kerja Motor 4 Tak Dan 2 Tak


Barudak Motor - Sistem kerja dari suatu mesin atau motor Dikotomi menjadi 2 bagian, sistem keja 4 Tak dan sistem kerja 2 tak. di dasarnya prinsip kerja dari motor terdiri dari 5 hal merupakan :
1. Pengisian campuran bahan bakar dengan udara.
2. Pemadatan atau pengkompresian dari campuran bahan bakar dengan udara.
3. Pembakaran dari hasil pemadatan/pengkompresian.
4. Pengembangan gas hasil pembakaran.
5. Deportasi gas bekas.

Kali ini ane akan mengulas prinsip kerja 2tak dan 4tak, prinsip dasarnya motor 4tak menyebabkan 1 tenaga diselesaikan dalam empat gerakan piston atau 2 putaran poros engkol, sedangkan untuk motor 2tak di selesai kan dalam 2 gerakan piston atau 2 putaran engkol. 

Langkah Kerja Dari Motor 4 Tak


Cara membaca gambar di atas (Dari kiri ke kanan)

1. Langkah Isap
Piston Dinamis dari TMA (titik mati atas) ke TMB (titik mati bawah), dalam langkah ini campuran bahan bakar dan udara di isap ke dalam boring atau silinder, posisis katup isap dalam keadaan terbuka dan katup buang dalam keadaan tertutup. Waktu piston Dinamis ke bawah, yang menyebabkan  ruang silinder menjadi vakum, lalu campuran bahan bakar dan udara tersebut masuk ke ruang silinder yang di sebabkan adanya tekanan udara dari luar (atmospheric pressure)

2. Langkah kompresi
Piston Dinamis dari TMB ke TMA, dalam langkah ini campuran udara dan bahan bakar di padatkan/dikompresikan. Katup isap dan katup buang dalam keadaan posisi tertutup, waktu torak mulai naik dari TMB ke TMA campuran bahar tersebut dikompresikan, dan menyebabkan tekanan dan temperaturnya menjadi naik, sehingga akan mudah terbakar.

3. Langkah Usaha
Piston Dinamis dari TMA ke TMB. Dalam langkah ini, mesin menyebabkan tenaga untuk menggerakan kendaraan. Sesaat sebelum torak mencapai TMA di langkah kompresi, busi memberi loncatan bunga Api di campuran yang telah dikompresikan. dengan adanya pembakaran tersebut akan menyebabkan kekuatan dari tekanan gas pembakaran yang tinggi mendorong torak kebawah, usaha tersebut yang menjadikan tenaga mesin (engine power)

4. Langkah Buang
Piston Dinamis dari TMB ke TMA. Dalam langkah ini, gas yang terbakar di buang dari dalam silinder, dalam keadaan posisi katup buang terbuka lalu piston Dinamis dari TMB ke TMA dan mendorong gas bekas dari pembakaran keluar dari silinder. saat torak mencapai TMA, akan mulai Dinamis lagi untuk persiapan berikutnya, merupakan langkah isap.


Langkah Kerja Dari Motor 2 Tak


Cara membaca gambar di atas

1. Langkah isap dan kompresi.
Piston Dinamis ke atas, ruang di bawah piston menjadi vakum/hampa udara, yang mengakibatkan udara dan campuran bahan bakar ter isap masuk ke dalam ruang di bawah piston. Sementara di bagian ruang atas piston ada kompresi, sehingga udara dan campuran bahan bakar yang sudah berada diruang atas piston suhu dan tekanannya menjadi naik.di saat 10-15 derajat dari TMA, busi memercikan bunga Api, sehingga campuran udara dan bahan bakar yang telah naik temperatur dan tekanan nya menjadi terbakar dan meledak.

2. Langkah usaha dan buang
Hasil dari pembakaran tersebut membuat piston Dinamis ke bawah, di saat piston terdorong ke bawah/Dinamis ke bawah, ruang di bawah piston menjadi dipadatkan/dikompresikan, sehingga campuran udara dan bahan bakar yang berada dibawah piston menjadi terdesak keluar dan naik ke ruang di atas piston melalui salurn bilas. Sementara sisa hasil pembakaran tadi akan terdorong keluar Futuristis saluran buang, setelah itu Futuristis knalpot. Langkah kerja tersebut berulang-ulang selama mesin hidup.
Catatan : di saat piston Dinamis ke bawah, udara dan campuran bahan bakar yang berada di ruang bawah piston tak Bisa keluar Futuristis saluran masuk, sebab adanya reed valve.

Demikiian mudah-mudahan bermanfaat dan silahkan di share.
   

Post a Comment

0 Comments