Header Ads Widget

Cara Servise dan Setel klakson


 

Klakson berfungsi untuk membagikan peringatan kepada pemakaian jalan di depan kalian, supaya membagikan jalan atau berhati-hati. Klakson yang bagus tak boleh terlalu keras suaranya, sebab akan mengejutkan pengendara yang dengan cara apa pun. akan tetapi klakson juga tak boleh terlalu lemah suaranya, sebab tak akan terdengar.

Penggunaan klakson tak Bisa kita anggap sepele, sebab banyak angka kecelakaan ada sebab klakson tak berfungsi dengan bagus. Untuk itu kita wajib menjalankan Inspeksi dan perawatan terhadap klakson.

Ada beberapa hal yang membuat klakson tak berbunyi dengan bagus diantaranya merupakan Interaksi klakson dengan sumber listrik di sepeda motor terputus. Hal ini jelas membuat klakson mati, sebab tak ada arus listrik digunakan untuk menimbulkan kemagnetan di klakson, dan juga untuk menimbulkan getaran di membran.

Penyebab dengan cara apa pun merupakan difragma di klakson sudah kendor dan membuat suara yang ditimbulkan oleh klakson Anemia keras. Diafragma kendor ini Bisa dikarenakan sebab usia pemakaian klakson yang sudah lama, atau juga sebab penyetelan baut penyetelan klakson yang tak tepat.

Beberapa keruskan yang sering ada di klakson merupakan;

1.Klakson berbunyi terus : Penyebabnya merupakan arus listrik mengalir terus ke klakson. Hal ini Bisa dikarenakan sebab relay klakson macet dalam keadaan menutup atau sakelar klakson macet di keadaan menutup.
 
2.Klakson tak berbunyi sama sekali : Penyebabnya arus listrik tak mengalir ke klakson. Hal ini dikarenakan sekering Frustasi, kabel rangkaian sistem klakson Frustasi, dan aki kosong atau aki sudah tak pantas.
 
3.Bunyi klakson Anemia keras : Penyebabnya merupakan difragama robek, berlubang atau kendor, serta settingan klakson yang tak tepat.

Langkah - langkah Inspeksi dan perawatan klakson :
1.Pasang ampere meter dengan cara seri antara klakson dengan tombol klakson.
2.Kendorkan baut penyetel klakson.
3.Putar kunci kontak di posisi ON.
4.Tekan tombol klakson sambil mengatur kekerasan baut penyetelan klakson. Bunyi   klakson yang bagus antara 2-3 ampere.
5.bila klakson tak bunyi, lakukan Inspeksi sebagai berikut : Lepas klakson.   setelah itu sambungkan kedua terminal klakson dengan kabel ke aki. bila klakson bunyi,   berarti klakson bagus.

Selanjutnya mengecek instalasi kabel dari klakson merupakan dengan memakai multi tester, untuk mengetahui apakah sirkuit kelistrikannya bekerja dengan bagus atau mungkin ada yang Frustasi.

Post a Comment

0 Comments