Header Ads Widget

Fungsi Kiprok di sepeda Motor

tifamotor

Barudak Motor - Sistem kelistrikan penghidupan mesin di sepeda motor Dikotomi menjadi dua, merupakan sistem arus DC dan sistem arus AC. di masa sekarang sistem arus AC tak akan lagi di terapkan oleh pabrikan, sitem DC merupakan alterantif yang di gunakan pabrikan.

Regulator atau kebanyakan orang bilang "Kiprok", salah satu part sepeda motor yang sangat mempengaruhi penghidupan mesin sitem DC, dimana  kiprok sendiri yang berfungsi menyuplai arus listrik dari spul ke aki atau Bisa disebut pengubah arus listrik AC dari spul menjadi arus DC, yang setelah itu arus DC ini di tampung di dalam aki.

tak akan hanya itu, fungsi dari kipok itu sendiri sebagai penstabil arus yang masuk ke aki, jadi arus yang masuk ke aki tak akan terlalu besar ataupun kecil, selain itu kiprok sebagai stoper tegangan arus ke lampu supaya tak akan mudah Frustasi saat di gaspol. Stoper arus listrik dari aki ke spul juga merupakan kerja kiprok, nah ini yang wajib diperhatikan bila Bro n Sis pernah menjalani aki baru dalam 2 hari aki sudah mati, ini ada sebab komponen dioda di kirok sudah jebol/ruksak, maka arus listrik dari aki akan keluar lagi Futuristis spul bila mesin dimatiin.

Ciri dari kiprok yang telah ruksak Bisa dilihat juga dengan kasat mata, di antara nya lampu depan Cepet Frustasi, atau redup, aki akan Cepet soak terkadang muncul gejala brebet saat di gaspol, untuk lebih Akurat di timbang masuk untuk pengecekan nya menngunakan multitester.

Mudah- mudahan bermanfaat dan silahkan di share.          

Post a Comment

0 Comments