Header Ads Widget

Cara Menghitung Cicilan Mobil Dengan DP Ringan

Kalkulator kredit mobil - Bagaimana cara menghitung kredit mobil baru dp murah cicilan ringan ? Sekarang ini mobil Bisa di saran bukan lagi kategori barang mewah sebab kita Bisa mempunyai suatu mobil dengan Donasi pembiayaan yang berbentuk leasing ataupun bank Publik yang menawarkan simulasi kredit mobil untuk pembelian mobil baru ataupun bekas. Akan akan tetapi tak akan sedikit orang yang ingin membeli mobil melalui jasa leasing ataupun bank belum mengetahui akan harga kredit mobil yang mereka inginkan. di kesempatan kali ini kami performance-car-desaign akan mencoba membantu kalian untuk mengetahui angsuran dan uang muka yang wajib disiapkan untuk membeli suatu mobil memakai kalkulator kredit mobil. Dan sebagai contoh kami akan mencoba menghitung dp dan cicilan di mobil toyota avanza.

saat kita akan membeli suatu mobil avanza melalui bank ataupun leasing, dalam menjalankan transaksi pembelian mobil avanza tersebut sebenarnya kita akan diberikan kemudahan dan pilihan yang beragam untuk memilih jenis layanan kredit. Dengan tujuan saat kita menginginkan cicilan mobil avanza mempunyai angsuran per bulan murah walaupun dp ringan tak akan terlalu tinggi, pihak leasing ataupun bank Bisa membantu kalian untuk membeli mobil avanza tersebut. Di awal pertemuan kalian dengan pihak bank atau leasing biasanya mereka akan menerangkan dengan cara lengkap mulai dari persyaratan, perjanjian hingga perhitungan simulasi kredit mobil avanza kepada kalian sebagai calon konsumennya.

Untuk itu sebelum kalian menjalankan pengajuan kredit mobil melalui jasa leasing ataupun bank, kalian wajib menentukan terlebih dahulu mobil avanza yang akan kalian beli itu dalam kondisi baru ataukah bekas. Setelah itu baru menginjak di budget yang kalian miliki untuk membeli toyota avanza yang kalian idamkan dengan maksud untuk menentukan uang muka atau Down Payment (DP) yang wajib kalian bayarkan pertama kali serta jumlah cicilan tiap bulannya supaya sesuai dengan kemampuan kalian. Oleh sebab itu langsung aja mari kita menjalankan perhitungan simulasi kredit mobil bila kalian ingin kredit avanza baru cicilan 1,5 juta.

Cara Menghitung Cicilan Mobil Dengan DP Ringan

Hasil gambar untuk cicilan mobil

Sebelum kalian membeli mobil melalui leasing ataupun bank dengan sistem pembayaran kredit mobil avanza bekas dp 10 juta, kalian wajib untuk mengetahui data - data yang wajib disiapkan sebagai berikut :

  1. Harga mobil yang akan dibeli bagus dalam kondisi baru ataupun bekas.Jumlah Uang Muka (DP).
  2. Jangka waktu kredit/Tenor yang dipilih.
  3. Tarif bunga leasing atau bank yang kalian pilih untuk kepentingan kredit ini, biasanya Forum pembiayaan ini menetapkan rate bunga kredit mobil berkisar antara 6%, 7%, 8% untuk kredit selama 1 tahun, 2 tahun dan 3 tahun. Biasanya jangka waktu yang Bisa dipilih merupakan antara 1-5 tahun, semakin lama jangka waktunya maka tarif bunga-nya pun akan semakin tinggi.
  4. Tarif Asuransi yang dipilih, untuk jangka waktu kredit 1 tahun, 2 tahun dan 3 tahun umumnya sebesar 7,5% - 8,5% - 9,5% dikalikan dengan harga kendaraan.
  5. Biaya Administrasi leasing/bank misalnya untuk kredit selama 1 tahun Rp 350.000, 2 tahun Rp 450.000 dan 3 tahun sebesar Rp 550.000,-

supaya lebih jelasnya, mari kita lihat Citra bila kalian akan membeli mobil avanza baru dibawah ini :

  • saat kalian sudah memutuskan untuk membeli mobil kredit avanza 2016 dengan harga mobil Grand novel Avanza 1.3 G (M/T) : Rp 198.700.000,- melalui pihak leasing di kota kalian berada dengan tenor 3 tahun, tentu kalian ingin tahu mengenai biaya DP / Uang Muka minimal yang wajib disiapkan beserta total cicilan mobil avanza 2016 setiap bulan yang wajib kalian bayar.

Berikut cara perhitungan untuk menentukan besarnya DP, angsuran per bulan dan jumlah total yang wajib dibayar pertama kali termasuk asuransinya untuk suatu mobil avanza baru 2016 :


1. Biasanya untuk jumlah minimal tarif DP / Uang Muka sudah ditentukan oleh pihak leasing, saat ini misalkan 20% dari harga mobil. (DP/UM = 20% x Harga Mobil Baru)

  • DP/UM = 20% x Rp 198.700.000,- = Rp 39.740.000,-

2. setelah itu untuk menghitung inti Kredit (PK)-nya merupakan dengan cara mengurangi harga mobil dengan jumlah uang muka yang akan dibayar. (PK = Harga Mobil Baru - DP/UM)

  • inti Kredit (PK) = Rp 198.700.000 - Rp 39.740.000 = Rp 158.960.000,-

3. Lalu untuk menentukan jumlah bunga yang wajib dibayar (JB) adalah dengan mengalikan inti Kredit terhadap tarif bunga (tb)-nya, dimana tarif bunga tersebut terlebih dahulu dikalikan dengan jangka waktu (jw) kredit dalam tahun Dikotomi 100. (JB =  PK x (tb x jw/100))

  • Jumlah Bunga yang wajib dibayar = Rp 158.960.000 x (8x3)/100 = Rp 38.150.400,-

4. Setelah menemui jumlah bunga yang wajib dibayar dengan cara Menyeluruh setelah itu untuk menemui jumlah Angsuran Per Bulan (APB)-nya merupakan dengan menambahkan inti Kredit (PK) dan Jumlah Bunga (JB) yang wajib dibayar lalu Dikotomi dengan jangka waktu kredit (jw) yang dihitung dalam bulan. (APB = (PK + JB) / jw (bulan)


  • Angsuran Per Bulan = (Rp 158.960.000 + Rp 38.150.400) / 36 bulan = Rp 5.475.288,-

5. Selain itu juga terdapat biaya :

  • Biaya Asuransi = 9,5% x Rp 198.700.000 =  Rp 18.876.500,-
  • Biaya Administrasi = Rp 550.000,-

baca juga :

  1. Disparitas Avanza Tipe E, G, Dan Harga Bekas Terbarunya
  2. Pasaran Harga Avanza Semua Tipe Update 2017

Jadi total Menyeluruh yang wajib kalian bayarkan diawal dari DP/UM + Angsuran Bulan Pertama + Biaya Asuransi + Biaya Administrasi Leasing, merupakan sebesar Rp 39.740.000 + 5.475.288 + 18.876.500 + 550.000 = Rp 64.641.788,-

Demikian artikel kami kali ini mengenai cara perhitungan simulasi kredit mobil avanza mungkin Bisa kalian jadikan sebagai Surat keterangan sebelum kalian membeli mobil dengan cara kredit melalui leasing. Apabila kalian merasa angsuran tersebut terlalu besar, kalian Bisa mengatasinya dengan menambahkan uang muka, memperpanjang tenor angsuran atau mencari suku bunga yang rendah di pihak leasing dengan cara apa pun. Semoga artikel kami kali ini Bisa membagikan sedikit Kesadaran kepada kalian sebelum membeli mobil dengan cara kredit melalui jasa leasing, demikian dan terima kasih ..

Post a Comment

0 Comments