Header Ads Widget

Tutorial Sebelum Membeli Mobil Bekas supaya Mendapat Mobil Berkualitas

Tutorial memilih mobil bekas - Bagaimana cara membeli mobil bekas berkualitas supaya kita menemui mobil yang Yang patut diperhatikan ? mempunyai suatu mobil bekas berkualitas tak Bisa kita cari dengan mudah di pasar mobil bekas (mobkas) apalagi di dalam suatu showroom mobil sebab untuk mendapatkannya diperlukannya suatu cara memilih mobil bekas supaya tak menyesal di setelah itu harinya. Dengan perkembangan suatu zaman di tambah lagi faktor transportasi Publik di Indonesia yang sekarang ini sulit untuk menemukan kenyamanan didalamnya menjadikan banyak masyarakat indonesia beralih memakai kendaraan pribadi salah satunya merupakan mobil. Akan akan tetapi dengan harga yang hingga tingkat Eksklusif tinggi di suatu mobil baru menjadikan tak semua orang Bisa membeli mobil yang mereka inginkan. Namun itu semua Bisa kita siasati dengan alternatif cari mobil murah yang pilihannya biasanya ada di membeli mobil bekas.

Mobil bekas sangat sering di identikkan dengan mobil yang Anemia Yang patut diperhatikan dalam segi body ataupun performance mesin mobil bekas Cepet tak cocok. Dan bila si pembeli mempunyai nasib yang Anemia Yang patut diperhatikan, terkadang baru beli namun sudah menjalankan perawatan bahkan pergantian mesin yang mengeluarkan biaya hingga jutaan rupiah. Untuk itu bila kita akan membeli mobil di suatu pasar mobil bekas ataupun suatu showroom, setidaknya kita mengetahui info mobil bekas yang akan kita beli dan juga Tutorial membeli mobil bekas di showroom supaya mobil second yang kita beli merupakan tepat - tepat mobil seken berkualitas. Namun sayangnya, tak semua orang Bisa teliti saat memilih mobil bekas yang Yang patut diperhatikan dan berkualitas. 

Akan akan tetapi jangan terlalu memandang sebelah mata terhadap mobil bekas dahulu, sebab bila mengerti hal - hal yang wajib diperhatikan saat membeli mobil bekas tentu mobil bekas berkualitas Bisa kita dapatkan. Sebenarnya teliti sebelum membeli merupakan suatu kunci memilih mobil bekas harga dibawah 50 juta. Oleh sebab itu kali ini kami akan membagi suatu Tutorial sebelum membeli mobil bekas, supaya kita mengetahui ciri ciri mobil bekas rental. Langsung aja kita simak cara membeli mobil bekas yang Yang patut diperhatikan sebelum membelinya dibawah ini.

Tutorial Sebelum Membeli Mobil Bekas supaya Mendapat Mobil Berkualitas

Tutorial membeli mobil bekas di showroom


10 Hal Yang wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Bekas, merupakan :


1. Cari info seputar mobil bekas yang kita cari.

Banyak situs jual mobil bekas yang Bisa menjadi sumber informasi untuk kita mengenai merk, harga, tahun dan spesifikasi mobil yang kita cari, misalnya www.performance-car-desaign.blogspot.com.
Selain itu bila kita mempunyai teman seorang mekanik / paham mengenai mobil, kita Bisa bertanya - tanya mengenai harga, tahun, dan spesifikasi mobil bekas yang kita inginkan.
Pengetahuan mengenai info mobil bekas Bisa mempermudah kita saat mengambil keputusan saat memilih mobil second berkualitas. Setelah itu apabila kita hendak surve mobil lawas yang hendak kita beli, ajaklah orang yang paham mengenai mesin mobil terutama mesin mobil bekas.

2. Beli mobil bekas dari tangan pertama / pemilik asli.

Yang kami maksud tangan pertama disini merupakan pemilik mobil bekas tersebut. Ada baiknya bila kita membeli mobil second carilah mobil yang dijual oleh si pemilik mobil tersebut dibandingkan kita mencari mobil bekas dari dealer, showroom atau Pialang.
Memang dalam suatu showroom mobil bekas ada terdapat banyak pilihan mobil yang dijual, namun semakin banyak pilihan kita juga wajib terorganisir dengan bagus - terorganisir dengan bagus memilih mobil bekas yang berkualitas. Sebab di suatu pasar mobkas kita tak mengetahui mobil second yang dijual disana mempunyai latar belakang seperti apa, sehingga kita wajib mengetahui yang wajib diperhatikan saat membeli mobil bekas di pasar mobil bekas tersebut.

3. Cari tahu mengapa mobil bekas tersebut dijual.

Yang wajib diperhatikan saat membeli mobil bekas merupakan latar belakang dari mobil tersebut. Setidaknya bila kita mengerti latar belakang mobil lawas tersebut, kita Bisa terhindar dari mobil bekas rental yang sangat sering diperjual belikan saat ini. Untuk mencari tahu latar belakang mobil saat kita bertemu dengan pemilik mobil dengan cara langsung, kita Bisa mengajukan pertanyaan ghastly untuk mengetahui latar belakang mobil tersebut sebagai berikut :

  • Kapan kita membeli mobil ini ?
  • Selain kita, siapa yang sering memakai mobil ini ?
  • Apakah mobil ini pernah menjalani kecelakaan ?
  • Seberapa sering kita mengendarai mobil ini ? Ke mana aja ?
  • Ke mana rute terjauh yang pernah ditempuh ?
  • Mengapa kita menjual mobil ini ?
  • Berapa kali dalam setahun kita menjalankan service ?
  • Apakah spare part Eksklusif pernah diganti ? Kapan dan mengapa ?

4. Perikas bodi mobil.

Setelah itu lakukan Inspeksi terhadap bodi mobil bekas yang akan kita beli, semakin mulus bodi mobil tanpa adanya goresan ataupun bekas dempulan maka akan semakin Yang patut diperhatikan mobil tersebut.
Lalu bagian apa sajakah yang wajib diperiksa saat menjalankan pengecheckan bodi mobil ini :

  • Perhatikan kondisi cat mobil : Apakah masih mulus atau ada titik-titik Zat oksidasi, goresan, penyok, atau bekas tambalan. Pastikan di semua bagian mobil dari depan hingga belakang, dari atas hingga bawah, dari kanan ke kiri.
  • Perhatikan plafon (bagian atas mobil) : Plafon yang masih Yang patut diperhatikan merupakan yang masih tebal sebab akan melindungi suhu udara di dalam mobil terutama di siang hari.
  • Perhatikan keempat ban : Apakah masih Yang patut diperhatikan atau sudah mulai aus. bila ada yang menipis, tentu kita wajib mengeluarkan uang lagi untuk menggantinya.

5. Lakukan pengecheckan terhadap mesin mobil.

di bagian Inspeksi mesin mobil adalah bagian tersulit saat membeli mobil bekas bila kita tak paham betul mengenai seputar otomotif. Untuk itu ajak seseorang yang Ahli di bidang ini untuk memilih mobil bekas yang hendak kita beli supaya mendapat mobil yang Yang patut diperhatikan dan berkualitas. Lalu sebenarnya apa sajakah yang wajib di check di bagian ini :

  • Periksalah bagian dalam kap mesin seperti selang-selang dan pastikan semua bebas dari kebocoran dan korosi. 
  • Buka tutup oli mesin dan periksa apakah ada bekas buih yang menandakan kebocoran.
  • Setelah itu, angkat tongkat pengukur oli transmisi dan pastikan warna oli merah atau merah jambu serta oli dalam keadaan penuh.

6. Periksa di bagian dalam dan interior mobil.

Setelah kita menjalankan pengechekan terhadap bodi dan mesin, bagian yang kita periksa selanjutnya di dalam mobil second tersebut merupakan :

  • Periksa jok dan sarungnya. 
  • nyalakan mesin mobil setelah itu nyalakan AC untuk memeriksa apakah masih Bisa berfungsi dengan bagus.
  • Selanjutnya check spidometer untuk mengetahui jarak tempuh. Kondisi mobil yang bagus merupakan mempunyai jarak tempuh yang normal, seorang pengemudi rata-rata akan menempuh jarak 16.000 hingga 24.000 Km dalam setahun.
  • bila terdapat perlengkapan lain seperti radio, CD, TV, sensor dan kamera parkir, pastikan perlengkapan tersebut Bisa berfungsi dengan bagus.

7. Test Drive.

Untuk mengetahui performance mobil bekas yang akan kita beli wajib dilakukan suatu uji coba berkendara / test drive. Dengan menjalankan test drive kita akan mengetahui kelayakan mobil tersebut untuk dikendarai sebab saat kita mengemudikan mobil tersebut kita Bisa mengetahui bagaimana kondisi rem yang adalah komponen mobil terpenting.
Urungkan niat untuk membeli bila di saat kita mengerem di kecepatan 50 Km/jam, ada getaran di pedal rem atau terdengar bunyi mendecit meskipun ada cara mengatasi rem mobil berbunyi. Namun bila ada negosiasi dengan si pemilik untuk biaya perbaikan kita Bisa memikirkannya kembali untuk membelinya.

8. Tanyakan perkakas mobil.

Perkakas seperti kunci, dongkrak ataupun ban serep akan cukup sebagai alat persediaan dalam keadaan darurat, contohnya aja saat sedang mogok di tengah jalan. Oleh sebab itu setelah menjalankan test drive tak ada salahnya bila kita menanyakan mengenai perkakas mobil tersebut. Tentu akan menghemat biaya bila di mobil yang hendak kita beli sudah dilengkapi dengan alat - alat tersebut, bukan ?

9. Periksa kelengkapan surat - surat mobil bekas tersebut.

Selain untuk mengetahui mobil tersebut bekas taksi atau tak, Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Penyebab Nomor Kendaraan (STNK) juga akan membagikan rasa nyaman kita berkendara sebab mobil tersebut bukanlah mobil ilegal. Berikut cara memeriksa kelengkapan di surat - surat mobil tersebut :

  1. Periksa keaslian cap dan Penyebab tangan pengesahan BPKB dan STNK tersebut. Halaman pengesahan disertai dengan hologram yang Bisa diperiksa dengan mudah di bawah sinar matahari.
  2. Setelah itu periksa Noka (Nomor Rangka) dan Nosi (Nomor Mesin) yang terletak di dalam kap mesin. Pastikan nomor-nomor tersebut sama dengan yang tertera di BPKB dan STNK.
  3. Meskipun semua nomor telah sama, ada baiknya untuk mengetahui keaslian dokumen kita pergi ke kantor Samsat supaya lebih pastinya. kita Bisa meminta lembar foto copian untuk diperiksa di kantor Samsat apabila dokumen asli tak Bisa dibawa.

10. Periksa asuransi mobil tersebut.

bila pemiliki mobil menyatakan mobil tersebut mempunyai asuransi itu akan menjadi salah satu keuntungan untuk kita. Namun sebelum itu mintalah si pemilik memperlihatkan kartu atau dokumen resmi yang menyatakan bahwa mobil tersebut telah diasuransikan. Proses balik nama Bisa dilakukan dengan syarat dokumen dan surat jual beli lengkap.
Oleh sebab itu sebelum menjalankan pembayaran, kita wajib untuk melengkapi diri dengan surat dan dokumen jual-beli yang lengkap dan Absah (bermaterai). Selain itu, mintalah fotocopy KTP penjual mobil sebagai File kita.

baca juga :

Demikian artikel kami kali ini yang baru aja mengulas mengenai cara membeli mobil bekas berkualitas. Semoga artikel kami kali ini Bisa membagikan manfaat untuk kita semua dan saran kami janganlah kita tergiur oleh mobil bekas yang dijual dengan banting harga semurah - murahnya supaya tak menyesal di setelah itu harinya. demikian dan terima kasih ..

Post a Comment

0 Comments