Header Ads Widget

Cara Merawat Motor Honda Vario Matic

Cara merawat motor matic vario - Bagaimana cara merawat motor matic supaya kondisi mesin tetap dalam performance yang bagus ? Apabila kita pengguna motor honda matic vario tentu kita menginginkan motor vario yang kita miliki jauh dari keluhan kerusakan untuk itu hal yang wajib kita lakukan merupakan dengan menjalankan perawatan motor matic vario tersebut. Dan tentu kita sudah mengenal motor vario keluaran honda mempunyai tipe yang beragam seperti motor vario 110, motor honda vario techno 125, motor vario 150 yang mempunyai sistem pembakaran karbulator ataupun Injeksi. Selain menginginkan motor vario yang sehat tentu kita juga ditentukan ingin menghindari antrian panjang saat service motor honda vario saat berada di bengkel resmi honda. Maka dari itu kita wajib menjalankan servis honda vario dengan cara rutin supaya motor vario matic kita menjadi lebih awet dan tahan lama.

Namun terkadang banyak masyarakat kita hanya Bisa untuk mengendarai motor vario matic aja akan akan tetapi Anemia memperhatikan perawatan motor vario matic bagus itu vario baru ataupun vario bekas. tak wajib disesali sebab memang di dasarnya tak semua orang mengerti akan bagaimana kondisi mesin motor matic yang bagus dan selain itu cara merawat motor vario techno 125 karbulator dengan cara merawat motor honda vario matic injeksipun berbeda. Lalu bagaimana cara merawat motor matic vario techno supaya motor matic tetap awet ? Dan sebenarnya untuk menjalankan perawatan motor vario matic Injeksi memang diperlukan perlakuan Eksklusif bila dibandingkan dengan motor vario karbulator akan akan tetapi di dasarnya perawatan motor vario sama aja dan tak terlalu sulit.

Maka dari itu di pertemuan kali ini Majalah Barudak Motor akan mencoba membagikan beberapa Tutorial supaya motor vario mempunyai kondisi mesin yang bagus dan tetap awet. Jadi apabila kita sebagai pengguna motor matic mungkin Tutorial mengenai cara merawat motor matic kali ini Bisa dipraktekan di rumah supaya mesin motor tetep awet dan tahan lama. Untuk itu mari langsung aja kita simak cara merawat motor matic vario techno 125 dengan cara lengkap dibawah ini, dan Tutorial ini juga Bisa diaplikasikan untuk merawat motor vario 110 ataupun motor vario 150 bagus itu dalam kondisi motor matic baru ataupun bekas.

Cara Merawat Motor Honda Vario Matic

cara merawat motor matic vario techno 125

10 Tutorial merawat motor vario supaya tetap awet


1.  Rutin untuk memanaskan mesin motor matic di pagi hari

Memanaskan motor merupakan suatu cara yang sering dilakukan saat pagi hari sebelum kita memakai motor. Merawat motor vario matic dengan memanaskan mesin bertujuan supaya oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga perfoma dari mesinenjadi lebih maksimal. Cara memanaskan motor matic yang bagus merupakan panaskan motor Anemia lebih 5 menit hingga 10 menit dan sebaiknya memakai kick stater aja bila memakai stater elektrik tentunya akan lebih banyak mengurangi bateray dari motor tersebut. Apabila dirasa sudah hingga tingkat Eksklusif jangan lupa untuk tarik ulur gas dengan maksud oli hingga tingkat Eksklusif Hangat dari mesin motor.

2. Ganti oli dengan cara berkala

Perawatan motor matic yang satu ini tergolong sangat kritis, untuk itu sebagai perawatan oli motor vario lakukan sesuai dengan jadwal pergantian oli yang biasanya dilakukan setiap 1000 KM dan untuk pergantian oli transmisi motor (oli gardan) maksimal saat motor sudah mencapai 5000 KM. Apabila kita lupa akan kilometer di motor matic tersebut sebaiknya lakukan perawatan rutin ini setiap 2 hingga 3 bulan sekali dan jangan lupa juga untuk memakai oli yang sesuai dengan spesifikasi motor matic yang kita miliki.

3. Jangan hingga Kehabisan Bensin

Dalam menjaga dan merawat motor matic kebiasaan buruk yang sering ada merupakan motor honda vario hingga kehabisan bensin. Kebiasaan motor vario berhenti dijalan sebab bensin Hilang wajib kita tinggalkan sebab motor vario matic hingga kehabisan bensin Bisa merusak mesin motor vario tersebut terlebih lagi di motor vario matic Injeksi. Untuk itu usahakan selalu motor matic kita jangan hingga menunjukan indikator E di speedometer dan biasakankan motor berisi bahan bakar yang full untuk mengantisipasi hal tersebut.

4. Check kondisi vanbelt dan roler

Pentingnya akan memeriksa kondisi vanbelt merupakan hal yang tak boleh untuk ditinggalkan untuk pemilik motor vario. Kondisi vanbelt yang mempunyai bahan yang terbuat dari karet dikhawatirkan akan Frustasi di tengah jalan yang mengakibatkan motor berhenti dan tak Bisa berjalan lagi. bila sudah menjadi keharusan untuk mengganti vanbelt tersebut sebaiknya gunakan suku cadang yang original sehingga membuat  matic sobat terjamin sebab lebih awet vanbelt tersebut.

5. Perawatan AKI

Memang tak mudah untuk mengetahui kondisi aki yang berada di motor matic, yang ditentukan untuk setiap pengguna motor matic pernah menjalani motornya menjalani Mati AKI. Dengan matinya aki motor tentu kita akan Kehabisan power dari motor selain itu juga cahaya lampu akan berkurang, dan yang paling menjengkelkan bila aki motor matic mati merupakan di saat menghidupakan motor wajib memakai kick starter yang membuat kita terasa lebih banyak mengeluarkan tenaga. Oleh sebab itu sedikit saran dari kami sebaiknya kita mengganti AKI dalam 7 - 8 bulan setelah penggantian terakhir.

6. Stabilkan Kecepatan Gas

Tutorial kali ini biasanya sering dilakulan oleh pengguna motor matik yakni saat kecepatan motor dalam kondisi Cepet jangan dengan cara tiba - tiba menurunkan gas begitu pun sebaliknya saat motor berada dalam kecepatan rendah langsung kita gas tanpa sadari hal ini akan merusak masa umur mesin. Dengan kecepatan yang tak stabil tak hanya akan merusak mesin namun hingga juga di vanbelt motor.

7. Ganti Oli Shockbreaker.

Oli juga tak hanya terdapat di mesin motor , namun oli juga terdapat di shockbreaker. Oleh sebab itu wajib adanya pergantian dengan tujuan tak lain supaya kondisi shock motor tetep berfungsi dengan cara normal. Untuk jadwal pergantian oli Shock Motor Bisa diganti setiap motor mencapai 10000KM.

8. Servis Berkala

Tutorial Dan Cara Merawat Motor Matic yang terahir Biasanya di servis berkala motor matic merupakan untuk penggantian oli, dan membersihkan karburator dan menseting motor. Saran kami saat kita sedang service di bengkel resmi honda untuk menanyakan menggenai Aki apakah masih luar biasa, Vanbelt dan roler apakah memerlukan penggantian, dari beberapa hal tersebut tentunya akan semakin bagus bila sobat memakai suku cadang yang original bila dibandingkan memakai yang murah namun kualitasnya masih dipertanyakan. Lakukan servis berkala Anemia lebih 3 bulan sekali untuk menjaga performance motor matic kita.

9. Gunakan Bensin Berkualitas

tak jarang ada aja orang orang yang menjual bensin campuran , walaupun tak banyak namun kita wajib untuk berhati - hati. Kualitas bensin sangat mempengaruhi kualitas mesin motor kita, untuk itu sebaiknya kita mengisi bensin motor di tempat yang tepat dan dikelola oleh pemerintah (pom) atau tempat - tempat penjual bensin yang memang sudah dipercaya. sebab apabila yang di jual bensin murni maka akan mengakibatkan motor tepat akan akan tetapi sebaliknya bila bukan bensin murni maka akan mengakibatkan bahaya untuk motor kita.

10. entah bagaimana

1. Selain itu pergantian ban bila sudah nampak tipis, penggunaan ban yang tipis tentu akan sangat berbahaya sebab ban yang tipis akan mengurangi daya cengkram ban terhadap aspal. bila membersihkan motor usahakan juga untuk membersihkan bagian rem terlebih rem cakram yang bisanya digunakan di roda depan dengan memastikan sela-sela di rem Higienis, hal ini dilakukan supaya kondisi cakram tetap bagus.

2. Disamping itu biasanya setelah 5 tahun peforma mesin dan komponen akan menurun, selain itu akan sangat tepat bila kita ngeupgrade alias mengganti sepeda motor dengan yang baru tentunya setiap 5 tahun sekali sebab setelah 5 tahun bisanya motor akan sangat sering membutuhkan servis dan performanya akan menurun.

Baca juga :
  1. Daftar Harga Honda Vario Matic Bekas Tahun 2017
  2. Daftar Harga Motor Bekas Dibawah 10 Juta Paling Banyak Dicari

Demikian Tutorial merawat motor vario matic di kesempatan kita kali ini. Semoga cara merawat motor matic diatas Bisa membagikan manfaat dan Bisa menjadikan performa motor matic tetap terjaga dalam kondisi mesin yang bagus, sekuan dan terima kasih ..

Post a Comment

0 Comments