Header Ads Widget

Cara Cek Aki Motor Yang Mulai tak pantas

Cara cek aki – Bagaimana cara mudah cek aki motor yang tak pantas di motor bebek ataupun motor matic ? Accu atau yang sering kita kenal dengan aki memang merupakan salah satu komponen di kendaraan bermotor yang sangat kritis oleh sebab itu kita wajib mengetahui cara cek aki masih Yang patut diperhatikan atau tak. mempunyai fungsi sebagai penyuplai Genre listrik ke seluruh fragmen motor seperti sistem starter, lampu - lampu, sistem pengapian dan komponen - komponen kelistrikan dengan cara apa pun menjadikan aki sangatlah kritis di suatu motor. Dan jenis aki sendiri dibedakan menjadi 2 yang sering digunakan di dunia otomotif merupakan aki kering dan juga aki basah.

di tahun 2005 aki kering atau Bisa juga disebut dengan MF Battery (Maintenance Free Battery) serta dikenal juga dengan Valve Regulated Lead Acid Battery (VRLA) mulai dikenalkan di dunia otomotif. Maraknya penggunaan aki kering di suatu motor di dasari sebab alasan kepraktisannya dimana kita tak wajib terlalu sering menjalankan pengecekan dan mengecek ukuran air aki. Memang aki kering mempunyai banyak kelebihan bila dibandingkan dengan aki basah akan akan tetapi tak menutup kemungkinan juga aki kering akan menjalani kerusakan oleh sebab itu kita wajib mengetahui cara mengecek aki kering berserta perawatannya. Berikut ini akan kami bagikan beberapa Tutorial merawat aki kering supaya tak Cepet tekor sehingga pemakaiannya Bisa lebih lama / awet, cara merawat aki kering paling gampang diantaranya :

  1. Cara merawat aki kering motor yang pertama merupakan dengan memanaskan motor sekitar 3 hingga 5 menit/hari bila kondisi motor tak digunakan sama sekali. Dengan tujuan supaya sistem pengisian listrik tetap ada dan akan menyebabkan penyuplaian listrik yang stabil.
  2. supaya Bisa membantu oli terpompa lebih Cepet untuk melumasi seluruh komponen mesin motor sebaiknya gunakan kick starter untuk memanaskan mesin di pagi hari. Namun bila kita ingin menghidupkan mesin dipagi hari memakai double starter jangan biasakan saat sekali starter mesin motor belum hidup jangan langsung untuk mengulangnya berkali - kali. Alangkah baiknya bila kita memberi Jarak waktu dengan maksud supaya daya aki Bisa terisi kembali.
  3. Saat berkendara di jalanan sebaiknya untuk menghindari lubang yang ada sebab goncangan berlebih Bisa merusak sel - sel yang ada di dalam komponen aki.
  4. Hindari keadaan dimana kabel terminal aki menjadi lembab sebab Bisa memicu terjadinya konsleting. Oleh sebab itu untuk selalu memeriksa kabel terminal aki dalam kondisi Higienis dan tertutup rapat.
  5. Apabila dirasa daya aki sudah mulai melemah sebaiknya untuk dilakukan pengisian ulang / charger memakai alat Eksklusif dengan daya kecil dan stabil merupakan sekitar 0,5 ampere. Dibutuhkan waktu sekitar 5 hingga 6 jam supaya daya listrik aki kembali normal.
  6. Pastikan komponen kiprok kendaraan masih berfungsi dengan bagus sebab komponen ini merupakan komponen yang vital dalam proses penyuplaian listrik ke semua fragmen kendaraan.

Oleh sebab itu di kesempatan kali ini Majalah Barudak Motor akan mencoba bagikan Tutorial untuk mengetahui kondisi aki di suatu motor. Dengan Asa bila kita mengetahui permasalahan di accu motor yang di Bisa dari kita menjalankan pengecekan, kita Bisa terhindar dari keluhan - keluhan yang di timbulkan dari kerusakan aki motor tersebut. Mari langsung aja kita bahas ulasan mengenai cara mengetahui aki masih Yang patut diperhatikan di postingan dibawah ini.

Cara Cek Aki Motor Yang Mulai tak pantas

cara ceki aki motor yang mulai tak pantas

wajib untuk kita ketahui bahwa fungsi aki ialah untuk menyimpan energy listrik dalam rupa energy kimia yang nantinya akan digunakan untuk menyuplai kebutuhan listrik kendaraan bermotor. Sebelum kita mulai membahas cara cek aki motor yang tak pantas alangkah baiknya bila kita mengenal terlebih dahulu akan fragmen komponen - komponen di suatu aki. fragmen - fragmen aki yang dimaksud merupakan :

Komponen - komponen Accu / Aki


  • Kotak Aki >> Kotak baterai berfungsi sebagai pelindung luar untuk komponen – komponen yang berada di dalam aki, selain itu kotak baterai juga berfungsi sebagai ruang untuk endapan – endapan baterai fragmen bawah.
  • Tutup Aki >> fragmen ini berfungsi sebagai Epilog fragmen atas aki, tempat dudukan terminal – terminal aki dan sebagai lubang Jendela.
  • Plat Aki >> di aki terdapat 2 macam plat, plat positif dan plat negative yang grid-nya terbuat dari antimony dan paduan timah. Untuk plat positif dilapisi aktif oksida timah dan plat negative terbuat dari sponge lead, ukuran plat ini akan mempengaruhi besar kecilnya arus yang dihasilkan.
  • Separator >> Terletak diantara plat positif dan negative, fragmen ini bertujuan untuk mencegah Interaksi singkat antar plat.
  • Terminal aki >> Terletak di fragmen atas dari aki dan terdiri dari terminal positif dan negative.
  • Tutup Jendela >> Hanya terdapat di jenis aki basah, fungsinya sebagai tutup lubang pengisian air aki dan untuk membuang gas hydrogen yang dihasilkan dari proses pengisian.
  • Sel >> Penyekat yang membatasi unit plat positif dan negative disebut sel, sel –sel baterai yang dihubungkan dengan cara seri antara satu dengan lainya akan menentukan tegangan aki yang dihasilkan.
  • Penghubung sel >> Plat logam yang dihubungkan dengan plat – plat baterai. Di setiap sel terdapat 2 plat penghubung untuk positif dan negative.
  • Pemisah sel >> merupakan fragmen kotak baterai yang memisahkan tiap sel.
  • Larutan elektrolit >> merupakan cairan dalam aki yang berupa campuran asam sulfat dan air yang nantinya bereaksi dengan bahan aktif di plat dan menyebabkan listrik.

baca juga :

  1. Tutorial Mengatasi Mobil Mogok Di Jalan Tol
  2. Tutorial Menghemat BBM supaya tak Cepet Hilang Saat Perjalanan Jauh

Berikut ini kami akan berikan beberapa cara mudah mengecek aki motor sehingga Bisa kita lakukan sendiri di rumah, terdapat beberapa cara untuk mengecek kondisi aki motor yang Yang patut diperhatikan ataupun aki motor soak. Berikut ulasannya :

Cara Mudah Mengecek Aki Kering di Motor Matic dan Motor Bebek


  1. Korsleting Bisa digunakan untuk mengetahui aki masih Yang patut diperhatikan atau tak sebab cara cek kondisi aki dengan langsung menghubungkan kedua kutub aki supaya nampak percikan Api, besar kecilnya percikan Api menunjukkan daya dari aki tersebut namun jangan terlalu sering melakuakan cara ini sebab Bisa merusak aki serta aki motor Cepet soak.
  2. Yang kedua, cara cek aki motor dengan multitester. Cara ini sangat Akurat sebab Bisa langsung meninjau voltase aki memakai volt meter, lakukan pengecekan ini setelah aki di charge, ukur volt yang didapat (standarnya 12,4 volt), setelah itu pasang kembali aki, putar kunci ke posisi ON 2detik lalu matikan, bila tegangan Anemia dari 12,4 volt berarti aki menjalani penurunan daya.
  3. Cara cek aki kering dengan meraba permukaan depan sebab ciri - ciri aki motor yang mulai soak akan nampak melembung, bila casing aki dirasa menonjol atau gembung berarti menandakan aki sudah mulai tak pantas, biasanya hal ini ada sebab reaksi elektrolit dalam aki yang mengeluarkan uap bertekanan yang menekan dinding aki.
  4. Dan yang terakhir dengan membaca Spidometer. Caranya, putar kunci kontak dalam keadaan ON, lalu nyalakan lampu sein kiri atau lampu sein kanan, bila spidometer aki Turut berkedip lemah itu artinya tegangan aki sudah tak stabil Bisa di berhubungan mulai soak.

Note :

wajib diketahui, apabila hendak menjalankan pengecekan aki kering wajib sesuai dengan Baku keamanan supaya tak ada konsleting kelistrikan di kendaraan. Apabila Anemia mantap dengan pengecekan sendiri, Bisa juga kita mengandalkan tenaga bengkel untuk pengecekan tersebut.

Demikian Tutorial kami yang baru aja mengulas mengenai cara cek aki kering di suatu motor di kesempatan kali ini. Semoga artikel kami ini Bisa membagikan manfaat untuk kita semua, demikian dan terima kasih ..

Post a Comment

0 Comments