Header Ads Widget

Cara Memperbaiki Aki Kering Motor Cepet Hilang

Aki motor mati - Bagaimana cara mengatasi aki motor sering tekor ?  Kejadian dimana double starter / listrik stater tak berfungsi yang dikarenakan sebab aki kering motor Cepet Hilang adalah suatu hal yang sangat menjengkelkan. Kita wajib memakai kick starter setiap akan menghidupkan motor sebab aki kering yang soak tersebut. Terlebih lagi bila kita merupakan pengendara motor matic tentu sangat merepotkan untuk itu sebaikanya Cepet perbaiki aki motor yang mulai tak cocok sebelum kejadian tersebut datang kepada kita.
Mungkin kita pernah menjalani kejadian dimana kita merasa bahwa aki motor sudah mulai soak sehingga kita putuskan untuk mengganti dengan jenis aki yang sama, akan akan tetapi setelah beberapa bulan aja ternyata aki kering motor tersebut kembali soak lagi. Setelah itu kita coba untuk charge lagi accu tersebut ke tempat strum aki namun hasilnya setelah beberapa kali aki menjadi tak cocok kembali. Melihat pengisian aki motor bermasalah tersebut lalu bagaimana cara memperbaiki aki motor yang tekor terus ? sebab dengan mengganti jenis aki motor basah dengan aki kering juga masih membuat accu kembali Cepet Hilang / mati di beberapa bulan setelah itu.

Oleh sebab itu di kesempatan kali ini Majalah Barudak Motor akan mencoba bagikan mengenai penyebab aki motor Cepet Hilang dan solusi bagaimana cara mengatasi aki motor sering tekor terus tersebut. Kita wajib untuk menjalankan beberapa hal supaya Bisa menemukan sumber penyebab aki motor yang dicas tersebut tapi tak mengisi, diantaranya dengan menjalankan pengetesan yang mana untuk pengecekannya Bisa kita lakukan sendiri tanpa wajib pergi ke bengkel motor. Untuk itu mari langsung aja kita lihat bagaimana cara mengecek aki motor yang Cepet Hilang tersebut di ulasan dibawah ini.

Cara Memperbaiki Aki Kering Motor Cepet Hilang

penyebab aki motor Cepet Hilang


Apabila aki motor tekor atau tak berimbang antara pemasukan dan pengeluaran daya listrik maka akan berimbas di beberapa sistem kelistrikan di kendaraan tak berfungsi normal. Dan biasanya yang menjadi penyebab aki kering Cepet turun daya merupakan sebagai berikut :

1. Stop lamp nyala terus meski tuas rem tak ditekan
  • bila tak Cepet diatasi akan mengakibatkan arus listrik dari baterai akan mengalir terus dan biasanya penyebabnya merupakan switch rem yang tak cocok. 

2. Pemasangan Klakson tak sesuai dengan kondisi tenaga yang ada di baterai.
  • Sering kali kita temui motor roda dua merubah klakson dari standart yang ada. Perubahan ini tak dianjurkan sebab piranti tersebut membutuhkan suplai listrik yang besar.

3. Bore Up Bisa menyebabkan baterai menjadi tekor.
  • sebab biasanya  tak diikuti upgrade elektrik starter. Maka sebab kompresi tinggi, elektrik starter menjadi sangat berat untuk memutarkan mesin. sebab terus dipaksa, baterai Bisa menjadi tekor.

4. bila kiprok tak cocok imbasnya baterai akan menjalani overcharging atau sebaliknya.
  • wajib di lakukan pengecekan apakah pengisian normal atau tak. Caranya dengan menghidupkan mesin antara 4000- 5000 RPM setelah itu periksa tegangan pengisian. Tegangan pengisian yang bagus merupakan 14-15 volt.

5. Memasang lampu HID membutuhkan suplay listrik yang besar.
  • Apabila tak disesuaikan dengan spul pengisian, aki Cepet tekor.

Cara mengecheck aki motor yang Cepet Hilang


Setelah mengetahui apa aja yang menjadi penyebab aki tekor di motor vario, sebaiknya kita juga wajib untuk mengetahui apakah kondisi aki motor kita dalam kondisi bagus atau tak. Untuk mengecheck apakah sistem kelistrikan kendaraan bermotor kita dalam kondisi normal wajib dilakukan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Langkah pertama yang wajib untuk kita lakukan untuk mengetahui kondisi kelistrikan di motor, kita wajib menyiapkan peralatan berupa multi meter tester (disarankan yang digital) supaya lebih mudah dalam pembacaannya dan seting panah multi tester ke DC volt sesuai dengan voltase aki motor kita.
  2. Setelah itu buka bagian sepeda motor kita yang terdapat accu, bagus accu kering ataupun accu basah. Cek terlebih dahulu kondisi dari accu apakah air di dalamnya hingga tingkat Eksklusif atau tak. bila Anemia silakan sobat tambah dengan air aki atau air destilasi (bukan accu zuur).
  3. Pastikan posisi positif aki dan negatif dari aki, jangan hingga kebalik. setelah itu tempelkan positif multitester ke positif aki, dan negatif multi tester ke negatif aki. Warna merah menandakan positif aki dan warna hitam adalah negative aki dan di saat ini accu wajib dalam kondisi terpasang sempurna di motor.
  4. Lalu mari kita lihat tegangan di aki tersebut, apabila menunjukkan angka 11-12,5 atau lebih maka aki motor kita masih dalam keadaan bagus dan tak wajib pengisian ulang memakai charger accu.
  5. setelah itu nyalakan mesin kendaraan kita tersebut dan masih tetap perhatikan tegangan di multi testernya. Kita akan melihat pergerakan naik di tegangan yang nampak di multi tester. Amati perubahan di multi tester saat kita menambah gas mulai dari perlahan hingga kecepatan tinggi.
  6. saat berada di putaran tinggi idealnya maksimal multi tester akan menunjukkan 14,8 Volt, Apabila melebihi tegangan 14,8 Volt maka ada kemungkinan aki jebol sebab over charge. Aki yang menjalani over charge di saat digunakan menjadi sangat Hangat, dan Hangat tersebut akan merusak elemen dari aki tesebut.
  7. Dan sebaliknya apabila di saat kita naikkan putaran gasnya ternyata tak naik, ini Bisa menjadi suatu Penyebab bahwa pengisian aki motor bermasalah. Dengan tak Turut naik maka pengisian aki menjadi lama dan tak sebanding dengan penggunaannya. saat semua piranti dihidupkan dan aki yang digunakan tak menjalani pengisian dengan cara normal maka aki akan Cepet tekor.


Setelah melihat artikel diatas kita wajib menyadari bahwa tak bagus untuk memaksakan memodifikasi kendaraan yang hanya akan membuat beban baterai Cepet terkuras aja. bila memang ingin memodifikasinya sebaiknya hitung dengan cara tepat keluar masuk daya listrik yang ada. Selain itu lakukan pengecekan dengan cara rutin kondisi baterai atau aki, setiap kita menjalankan servis kendaraan rutin.

baca juga :


Demikian postingan kami di pertemuan kita kali ini mengenai penyebab dan cara pengecekan aki motor Cepet Hilang di motor yang kita miliki. Semoga postingan kami kali ini Bisa membagikan manfaat yang positif kepada kita semua, demikian dan terima kasih ..

Post a Comment

0 Comments