Header Ads Widget

Tutorial Memanaskan Motor Matic supaya Kondisi Mesin Tetap Awet

Cara memanaskan motor vario - Bagaimana cara memanaskan motor matic vario yang bagus dan tepat supaya performa mesin tetap terjaga ? Dalam suatu cara merawat motor matic ataupun di motor bebek ataupun motor sport hal yang paling Fundamental dan penting merupakan bagaimana cara kita saat memanaskan mesin motor matic yang kita miliki. Terkadang hal ini menjadi suatu pertanyaan yang jarang di pertanyakan oleh para pemilik motor matic, sebab bila kita akan bertanya mengenai cara memanaskan motor yang bagus dan tepat kepada orang lain tentu akan membuat kita menjadi malu. Padahal bila kalian mengerti akan suatu mesin, memanaskan motor matic sebelum digunakan terlebih lagi saat dipagi hari merupakan suatu langkah awal untuk menemui kondisi mesin motor matic yang sehat.

Cara menghidupkan motor matic merupakan suatu tindakan yang sangat mudah untuk dilakukan semua orang namun terkadang mereka lupa akan memanasi motor matic mereka sebelum digunakan untuk beraktifitas. Sebenarnya dalam cara memanaskan motor Injeksi dengan cara memanaskan motor karburator hampir sama namun untuk suatu motor matic dengan sistem pembakaran Injeksi diperlukan sedikit perlakuan yang cukup berbeda bila dibandingkan dengan motor vario matic karbulator. Lalu seperti apakah cara memanaskan motor honda vario yang bagus dan tepat setelah motor dihidupkan ? Namun juga wajib kalian ketahui bahwa saat menghidupkan motor dengan cara sembarangan tanpa mengikuti Mekanisme yang ada Bisa mengakibatkan mesin motor matic Cepet tak akan pantas dan akhirnya wajib di service ke bengkel, apalagi untuk motor matic yang sudah memakai sistem Injeksi atau PGM-FI.

Maka dari itu di pertemuan kita kali ini Majalah Barudak Motor akan mencoba bagikan beberapa Tutorial memanaskan mesin motor matic yang Bisa digunakan untuk suatu motor vario karbulator dan motor vario Injeksi. Untuk itu mari langsung aja kita ikuti Tutorial memanaskan mesin motor matic vario dengan cara lengkap yang sudah kami tuliskan dibawah ini.

Tutorial Memanaskan Motor Matic supaya Kondisi Mesin Tetap Awet

cara memenaskan motor yang tepat

Langkah memanasi motor vario matic yang tepat sebelum motor digunakan beraktifitas


1. Check kondisi oli

  • Pastikan kondisi oli motor matic tak akan hingga kehabisan sebab bila hal tersebut hingga ada di motor vario matic milik kalian Bisa merusak mesin motor vario tersebut. Untuk itu saat kalian sedang menjalankan service rutin mintalah kepada pihak bengkel untuk memeriksa kondisi oli motor vario. Apabila kalian wajib menjalankan penggantian oli alangkah lebih baiknya bila kalian menggantinya dengan oli yang berkualitas supaya performance mesin tetap terjaga. bila kalian ingin mengetahui kapan jadwal pergantian oli motor matic kalian Bisa melihat di postingan kami sebelumnya yang membahas mengenai cara merawat motor matic vario.

2. Pastikan kondisi kunci kontak dan stide stand switch dalam keadaan bagus

  • Untuk menghidupkan suatu kendaraan roda dua hal yang paling gampang merupakan dengan memutar kunci kontak di posisi ON dan pastikan Baku samping untuk motor matic khususnya honda matic vario. bila keadaan Baku samping otomatis (Stide Stand Switch) belum dalam posisi turun maka mesin motor matic tak akan akan Bisa hidup.

3.   Deteksi Lampu Malfunction Indicator Lamp (MIL)

  • saat lampu indikator MIL menyala, ECU akan mendeteksi apabila terdapat suatu kerusakan di sensor - sensor sistem motor matic Injeksi. Cara mendeteksi kerusakan yang ada di sistem Injeksi merupakan dengan cara membaca berapa kali kedipan Lampu indikator MIL yang muncul. Apabila ternyata terdapat kedipan di MIL itu artinya menandakan adanya kerusakan di sistem PGM-FI motor dan alangkah lebih baiknya untuk membawa motor vario tecnho Injeksi milik kalian ke bengkel Honda AHASS terdekat untuk diperiksa lebih lanjut.

4.  Pilih starter yang akan kalian gunakan untuk menghidupkan mesin motor

  • Apabila lampu MIL tak akan berkedip dipastikan sensor Injeksi tak akan bermasalah, nyalakan motor Honda kalian di saat lampu MIL sudah padam. Terdapat dua jenis starter di motor Honda merupakan kick starter dan electric starter. Terkadang pemilik motor terbiasa menghidupkan motor dengan kick starter dengan alasan supaya tegangan yang tersimpan di baterai lebih awet. Sebenarnya dengan memakai electric starter tegangan yang terbuang akan diisi kembali oleh regulator di saat mesin dalam kondisi menyala. Dengan munculnya teknologi PGM-FI di motor Honda, menghidupkan motor Bisa lebih mudah memakai electric starter.

5.  Memanaskan mesin motor matic

  • Setelah motor dihidupkan biasakan untuk tak akan langsung provokatif gas dengan kencang, tunggu beberapa menit hingga kondisi mesin motor Hangat sekitar 1- 2 menit. Namun apabila kalian tak akan ingin memanaskan mesin sebab terburu - buru dan ingin langsung memakai motor matic, ada baiknya bila kalian gunakan dengan kecepatan rendah terlebih dahulu. Hal tersebut mempunyai tujuan yang sama dengan memanaskan mesin yang mempunyai maksud supaya oli bekerja lebih bagus keseluruh fragmen mesin.
  • Sekedar tambahan untuk kalian yang mempunyai motor matic Injeksi, ada baiknya di saat memanaskan jangan langsung di geber. saat mesin motor kalian menyala setidaknya tunggu lima menit atau tunggu hingga mesin terdengar lebih stabil, sebab terkadang beberapa motor Injeksi di saat di nyalakan suara dari mesin akan tinggi namun lambat laun suara mesin pun menjadi lebih damai dan stabil.

di intinya dalam memanaskan mesin motor matic vario merupakan tak akan wajib Over sebab itu hanya akan membuang bahan bakar dengan cara percuma

baca juga :
Cara Merawat Motor Honda Vario Matic
Daftar Harga Motor Matic Vario Bekas Tahun 2017

Demikian postingan kami kali ini yang baru aja mengupas mengenai cara memanaskan motor vario yang tepat supaya kondisi mesin tetap terjaga. Semoga artikel kami kali ini Bisa bermanfaat untuk kita semua, demikian dan terima kasih ..

Post a Comment

0 Comments