Header Ads Widget

Fungsi Koil di Sepeda Motor

fungsi koil
Mungkin di antara Bro ada yang belum tahu, apa itu koil dan fungsinya untuk apa? Koil merupakan komponen kelistrikan dari kendaraan bermotor, dimana fungsinya untuk menaikan atau mempertinggi tegangan arus listrik yang keluar dari CDI, arus listrik yang besar tersebut di salurkan ke busi, sehingga busi tersebut Bisa meletikan bunga Api yang mampu membakar bahan bakar di ruang silinder.

Pelipatgandaan arus listrik melalui koil tersebut dihasilkan oleh kerja dari dua jenis kumparan yang berada di dalam koil tersebut, kumparan pertama disebut Utama sedangkan yang satunya lagi di sebut skunder. Koil Baku bawaan pabrik rata-rata menyebabkan tegangan antara 12 ribu hingga 15 ribu volt, maka tak heran bila kita tersambar percikan bunga Api yang keluar dari koil tersebut akan kesetrum layaknya pegang strum listrik rumah.

Dengan tingginya tegangan dan percikan bunga Api yang keluar dari koil Bisa mengurangi kandungan emisi yang berbahaya. Namun wajib diingat tegangan yang besar bukan salah satu faktor penentu kualitas koil, koil yang bagus merupakan koil yang mampu menyebabkan tegangan listrik yang relatif besar dan stabil di setiap putaran mesin, oleh sebab itu setelah menyebabkan tegangan maksimal di putaran mesin Eksklusif, kurva tak boleh menukik terlalu tajam. kurva yangmenukik terlalu banyak, menunjukan kinerja yang buruk di putaran (RPM) tinggi. supaya pembakaran yang lebih sempurna, tak sedikit para bikers yang mengganti koil Baku dengan produk aftermarket.

Pilihan koil aftermarket yang beredar di pasaran banyak ragam nya, antara lain; CLD, Blue Thunder, High Perpormance, KTC, Andrion, R9 novel. Sedangkan koil bawaan pabrik yang di Bisa di aplikasikan ke motor lain diantara nya; YZ125, RM125, KX250, untuk harga berpariasi dari mulai Rp.0 ribu hingga jutaan pun ada.

Demikian, mudah-mudahan bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan nya.

Post a Comment

0 Comments