Header Ads Widget

Cara Melepas Ban Dan Mengganti Dengan Ban Serep Paling Gampang

Ganti ban mobil - Bagaimana cara mudah membuka roda ban mobil bila mobil kita menjalani pecah ban atau ban bocor ? untuk setiap pengemudi mobil wajib mempunyai keahlian ghastly seputar mobil salah satunya adalah cara mengganti ban mobil sebab kita wajib siap sedia bila menjalani kejadian ban bocor saat sedang perjalanan jauh. Walaupun kita merasa awam dengan hal otomotif, mau tak mau kita wajib mengetahui cara mencopot dan memasang ban mobil sebab itu juga akan cukup untuk diri kita sendiri. Sebenarnya tak sulit untuk mengganti roda yang menjalani kebocoran, akan akan tetapi bila kita juga belum cobalah untuk mencari informasi mengenai cara membuka ban mobil melalui internet ataupun langsung bertanya kepada orang yang lebih tahu.

Memang tehnik melepas ban mobil itu wajib diketahui untuk setiap orang yang akan menjalankan perjalanan jauh memakai mobil untuk berjaga mengganti ban sendiri bila ban mobil kita bocor dengan keadaan yang jauh dari bengkel. untuk yang belum terbiasa memasang ban serep sendiri, kita wajib menyiapkan tenaga yang hingga tingkat Eksklusif ekstra sebab untuk melepas ban di mobil biasanya baut yang terpasang itu hingga tingkat Eksklusif kencang. Lalu bagaimana cara melepas ban mobil dari velg yang tepat supaya velg kita tak lecet sebab proses mencopot ban mobil tersebut ? Apabila kita sudah mengetahui cara memasang ban mobil tentu kita tak akan panik bila mobil kita yang bocor jauh dari bengkel mobil, kita hingga tingkat Eksklusif mengambil ban serep dan setelah itu pasang di mobil kita tersebut.

Hasil gambar untuk melepas ban

Oleh sebab itu di pertemuan kita kali ini Majalah Barudak Motor akan mencoba bagikan informasi mengenai langkah - langkah mencopot ban mobil bila tiba-tiba di dalam perjalanan mobil kita menjalani ban kempes atau bocor. Maka dari itu tetap ikuti kami supaya kita mengetahui tutorial mengenai cara melepas ban mobil dan cara memasangnya kembali dengan tepat. Mari langsung aja kita simak cara buka ban dan memasang ban serep dengan cara lengkap di bawah ini.

Cara Melepas Ban Dan Mengganti Dengan Ban Serep Paling Gampang


1. Langkah yang wajib dilakukan saat ban mobil kita bocor di tengah perjalanan adalah :


  1. Pertama - tama menepi dari tengah jalan untuk memarkirkan mobil atau cari tempat yang hingga tingkat Eksklusif luas supaya kita mempunyai ruang gerak saat melepas ban mobil. Hal ini penting sebab akan sangat berbahaya bila kita mengganti ban di jalanan yang hingga tingkat Eksklusif ramai.
  2. Langkah berikutnya adalah memeriksa dan pastikan mobil tak Dinamis. Posisikan tuas transmisi di gigi 1 atau R (reverse) untuk kita yang memakai mobil bertansmisi manual setelah itu tariklah rem tangan. Apabila mobil kita bertransmisi otomatis tempatkan tuas transmisi di posisi P (Parking). bila mobil kita menjalani pecah ban di jalan tanjakan, yang wajib kita lakukan merupakan membagikan ganjel berupa Ebonit atau batu di belakang roda mobil demi keselamatan mengemudi.
  3. Setelah itu nyalakan lampu hazard lalu beri segitiga pengaman beberapa meter di belakang mobil kita.

2. Alat - alat yang dibutuhkan untuk mengganti ban


Sebelum kita mengganti ban mobil kita yang bocor alangkah lebih baiknya bila kita mempersiapkan terlebih dahulu perlengkapan yang dibutuhkan untuk melepas dan memasang ban mobil tersebut. Dan juga patut untuk kita ikuti adalah tempatkan perlengkapan yang kita butuhkan tersebut di dekat kita sebelum kita beraksi. Dan alat - alat yang dibutuhkan untuk mengganti ban mobil tersebut, diantaranya :

  1. Dongkrak Mobil :  Dongkrak portable yang Publik tersedia di mobil sangat capable untuk digunakan di saat darurat seperti ini.
  2. Kunci Roda : Bisa digunakan juga kunci lain selama ukurannya sama dengan baut roda mobil.
  3. Ban Cadangan : Sebaiknya gunakan ban cadangan bawaan mobil itu sendiri.

baca juga :


3. Langkah - langkah menjalankan Penggantian Ban Mobil Dengan Mudah


  1. Pertama - tama buka Epilog roda. Apabila kita merasa kesedihan cungkil Epilog dengan memakai obeng.
  2. Lalu kendorkan baut - baut roda memakai kunci roda dan putar Antagonis dengan arah jarum jam. Saat melepaskan baut lakukan dengan pola bersilang, sebagai contoh terdapat 4 buah baut, kendorkan baut atas, lalu bawah, kiri dan kanan. Baut hingga tingkat Eksklusif dikendorkan, jangan hingga terlepas dulu.
  3. setelah itu pasang dongkrak mobil di posisi yang dianjurkan oleh buku manual. Dalam buku manual, dongkrak di posisikan di suatu cekungan atau tonjolan kecil (semacam Penyebab di bagian bawah mobil). Letak cekungan ini biasanya berada sedikit di belakang roda depan dan di depan roda belakang.
  4. Setelah itu naikkan dongkrak hingga roda terangkat supaya mudah dilepas nantinya. Pastikan dongkrak di posisi tegak lurus dengan tanah dan bila saat menaikkan dongkrak posisinya nampak tak stabil, sebaiknya turunkan terlebih dahulu dan perbaiki masalahnya.
  5. bila roda sudah terangkat dan bebas dari tanah maka lepaskan semua baut roda dan kumpulkan baut di satu tempat supaya kita tak kesedihan mencari saat akan memasang ban mobil kembali.
  6. Keluarkan ban dari dudukannya dengan menariknya dengan cara perlahan dan letakkan di posisi tidur. bila ban mobil terasa terlalu berat cobalah cari Donasi.
  7. Pasang ban serep dengan mendorong sambil menggoyangnya dengan cara perlahan hingga ban sudah masuk di posisinya. Pastikan posisinya sudah pas dan tepat saat kita memasukkannya.
  8. Langkah selanjutnya pasang kembali baut, untuk mengencangkan baut putarlah searah jarum jam dengan jari tangan hingga terasa sudah mentok. Kita tak wajib untuk langsung mengencangkannya sebab bila kita menjalankan hal tersebut maka roda akan Turut berputar.
  9. setelah itu turunkan dongkrak hingga roda sepenuhnya menyentuh tanah.
  10. Kencangkan semua baut dengan pola bersilang. Putarlah searah jarum jam dengan kunci roda. Pastikan baut telah kencang dengan menempatkan kunci roda dengan cara horisontal dan coba pijaklah batang kunci roda dengan kaki.
  11. Setelah selesai, tempatkan ban yang bocor atau kempes di tempat ban cadangan serta simpan kembali semua perlengkapan di tempat semula. Sekarang kita siap untuk melanjutkan perjalanan.

Demikan langkah - langkah mengganti ban mobil yang Bisa kami sampaikan di pertemuan kita kali ini. Semoga setelah kita mambaca artikel diatas, kita menjadi mempunyai Panduan untuk mengatasi ban bocor saat dalam perjalanan. Ajarkan di pengemudi dengan cara apa pun untuk mereka yang juga belum mengetahui cara buka ban mobil sebab ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang dibagikan kepada orang lain, demikian dan terima kasih ..

Post a Comment

0 Comments