Header Ads Widget

Penyebab Air Radiator Cepet Hilang Padahal tak akan Bocor

Air radiator Cepet Hilang - Tahukah kita penyebab air radiator Cepet Hilang di mobil yang kita miliki sekarang ini ? Radiator adalah salah satu sistem pendinginan untuk mendinginkan suatu mesin bagus itu mesin motor bagus ataupun mobil ileh sebab itu sudah sepatutnya kita wajib Cepet mengatasi bila ada keluhan seperti air radiator Cepet Hilang padahal tak akan bocor. Fluida cair atau yang sering kita kenal dengan sebutan coolant sebagai media pendinginannya menjadikan radiator sebagai salah satu sistem pendingin yang paling sangat disukai dimasa sekarang ini. Cairan tersebut akan menyerap Hangat dari blok mesin hingga ke kepala silinder mesin setelah itu memakai udara luar cairan coolant tersebut akan didinginkan dimana di saat temperatur cairan sudah dingin maka sistem radiator akan kembali bersirkulasi didalam suatu mesin kendaraan tersebut.

Terkadang tak akan sedikit pengguna mobil yang pernah menjalani air radiator Cepet Hilang padahal tak akan bocor, air radiator motor Cepet Hilang, itu tandanya air radiator berkurang wajar. Suatu mesin Bisa mempunyai tenaga yang berbentuk tenaga putar sebenarnya diperoleh dari sumber pembakaran bahan bakar dalam silinder mesin sehingga Bisa menghantarkan energi Hangat oleh sebab itu radiator mempunyai fungsi untuk mendinginkan selama mesin mobil tersebut bekerja. Lantas bagaimana cara memperbaiki air radiator Cepet Hilang atau radiator Cepet berkurang ? Dalam keadaan yang normal / wajar seharusnya dengan cara sistem kerja air radiator tak akan berkurang atau bila berkurang seharusnya dalam jangka waktu yang lama. 

Banyak faktor yang mempengaruhi kenapa air radiator sering Hilang, salah satunya sebab dikarenakan oleh faktor kebersihan dari termostat atau lemahnya putaran dari motor kipas. Oleh sebab itu di kesempatan kita kali ini Majalah Barudak Motor akan mencoba memaparkan beberapa hal yang menjadi penyebab air radiator Hilang lengkap dengan cara mengatasinya. Untuk itu mari langsung aja kita simak ulasan mengenai cara mengatasi air radiator Cepet berkurang atau Hilang yang sudah kami rangkum dibawah ini.

Penyebab Air Radiator Cepet Hilang Padahal tak akan Bocor

Hasil gambar untuk AIR RADIATOR

Tentu akan menjadi suatu keluhan apabila air radiator hingga kehabisan saat mobil sedang kita gunakan untuk perjalanan jauh, sebab karena air radiator yang Hilang Bisa menyebabkan mesin mobil menjadi Hangat dan yang paling parah hingga Bisa mengakibatkan mobil menjadi mogok.

Penyebab Dan Solusi Mengatasi Air Radiator Cepet Hilang


1. Tutup Radiator tak akan menyenangkan (Seal Mulai Aus)

  • Seal di tutup air radiator lemah atau aus adalah salah satu penyebab air radiator Cepet Hilang yang jarang orang menduganya. Didalam tutup radiator terdapat dua katup merupakan relief valve dan vacuum valve, yang berfungsi untuk menaikkan titik didih air pendingin atau coolant dengan maksud supaya tekanan air menjadi lebih tinggi dari tekanan udara luar dengan cara menahan Ekspansi air di saat air menjadi Hangat. Fungsi dengan cara apa pun untuk mempertahankan air pendingin di dalam sistem supaya tetap penuh walaupun mesin dalam keadaan dingin atau Hangat yang di tampung sementara di Reservoir Tank atau tangki cadangan. Untuk itu supaya air radiator tak akan Cepet Hilang sebab lemahnya tutup valve kita wajib mengganti seal yang aus tersebut.

2. Lemahnya Motor Cooling Fan (Kipas Radiator)

Putaran motor kipas yang lemah sering kali dikarenakan oleh :

  • Magneting motor untuk cooling fan lepas atau aus
  • Gulungan Dawai mulai hangus
  • Carbon brush hampir Hilang

3. Terdapat Kebocoran di Sirip Radiator

  • Penyebab lain yang menjadikan air radiator Cepet Hilang adalah sirip radiator yang bocor. Kondisi yang terkadang sudah kering atau menguap sebelum menetes menjadikan kita jarang mengetahui adanya kebocoran di sirip radiator tersebut. Oleh sebab itu wajib kita lakukan pengecekan dengan cara manual dengan memeriksa dengan cara detail di bagian sirip - sirip radiator.

4. Kontaminasi Kotoran Bisa Mengakibatkan Thermostat Abnormal

  • Air atau coolant adalah bahan yang digunakan untuk mendinginkan mesin yang berwujud cair, apabila thermostat tak akan Bisa membuka di saat suhu kerja mesin telah tercapai terkadang terdapat kemungkinan sebab air atau coolant tak akan Bisa bersirkuasi dengan bagus. Maka dari itu temperatur mesin sudah melebihi titik didih air diatas 100 derajat celsius namun air radiator belum bersirkulasi.

baca juga :
  1. Kumpulan Gambar Modifikasi Motor Yamaha NMax Terbaru
  2. Disparitas Harga Dan Spesifikasi Yamaha NMax ABS Dengan Yamaha NMax Non ABS

Apabila setelah kita melihat keempat penyebab air radiator sering Hilang diatas dan hasil dari pengecekan terhadap mobil kita masih dalam keadaan normal maka wajib kita lakukan pengecekan di tahap selanjutnya dengan membawanya ke bengkel mobil. Sebab bila air radiator mobil yang Cepet Hilang tersebut tak akan Cepet kita tangani dikhawatirkan akan menimbulkan kerusakan di prt mobil dengan cara apa pun.

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru aja membahas mengenai penyebab air radiator Cepet Hilang dan solusi mengatasinya. Semoga artikel kami kali ini Bisa bermanfaat untuk kita semua, demikian dan terima kasih atas kunjungan kita ..

Post a Comment

0 Comments