Header Ads Widget

Body Sporty, Kalian Pilih Satria FU apa Honda Sonic?

Brosist barudakmotors.. Ngomongin soal segmen pasar anak muda yang dibidik oleh Honda lewat produk terbarunya, yaitu Honda Sonic 150R, semua itu nggak lepas dengan yang namanya gengsi. Anak-anak muda usia belasan tahun cenderung lagi butuh perhatian dan pengakuan dalam lingkungan pergaulanya, sehingga dalam hal memilih sepeda motor pun lebih selektive agar tampil lebih "kece dan keren" dan yang bisa menunjukkan jati dirinya dimata teman-teman tonkronganya. 
Honda Sonic 150R

Untuk segmen pasar motor bebek sport dengan desain "ayam jago", Suzuki Satria FU 150 tercatat masih menjadi rajanya. Eksistensi motor bebek dengan body ramping ini sudah teruji dan memiliki banyak penggemar dikalangan anak baru gede (ABG) saat ini. Lalu, apa yang akan terjadi kalau saja motor Satria FU ditantang oleh pendatang baru dari Honda ini, ya Honda Sonic 150R di pasar sepeda motor nasional?

Jika dibandingkan Satria Fu, Honda Sonic 150R memang belum pas untuk menyatakan siapa yang paling sukses di pasar nasional. Karena seperti yang kita tau, usia Sonic juga masih terbilang baru dibandingkan bebek sport terdahulunya Satria Fv 150cc. Tapi, bagi konsumen sendiri tentunya bisa memilah dan memilih sepeda motor yang mana yang akan menjadi incaran lewat bekalan spesifikasi yang ditawarkan Sonic atau Satria FU. 

Berikut pemaparan singkatnya, tentang perbandingan spesifikasi Honda Sonic 150R dan Satria Fu 150:

Tampilan Mirip

Dari segi dimensinya mereka sangat mirip. Honda Sonic cenderung sedikit lebih pendek, sedangkan untuk Suzuki Satria Fu terlihat lebih ramping. Untuk jarak joknya ke tanah juga mirip, antara 76 cm. Berat Satria Fu terbilang lebih ringan, berat kosong 95 kg. Sedangkan  Honda Sonic memiliki 114 kg. Kapasitas tangki bahan bakarnya, Satria lebih banyak 0,2 liter dibandingkan Sonic 150R.

Gambar Honda Sonic 150R
Honda Sonic 150R

Sekarang soal mesin, tentu keduanya beda teknology. Satria Fu masih tetap mengandalkan sistem suplai bahan bakar melalui karburator, sedangkan Sonic 150R sudah menerapkan injeksi khas Honda. Keduanya sudah menggunakan teknologi DOHC. Untuk dapur pacu Satria Fu 150 memiliki kapasitas 147,3 cc, sementara untuk Honda Sonic sedikit lebih besar 149,16 cc. 

Rumors yang berkembang di kalangan Anak Muda, salah satu yang menjadi keunggulan Satria FU adalah kemudahannya dalam segi memodifikasi. Pemakaian sistem karburator dianggap lebih mudah dan praktis untuk urusan memperbesar tenaga motor dibandingkan Injeksi. Eitttss, bukan berarti Sonic tidak bisa dimodifikasi lho ya! Hanya saja butuh sedikit waktu dan ilmu yang lebih baik, karena menyangkut pemetaan ulang ICU dan lain sebagainya, karena lebih canggih.

Tenaga

Ngomongin masalah tenaga dan torsinya, kedua motor ini lebih ke saling sundul-menyundul. Satria 150 dan Sonic 150R sanggup mengeluarkan tenaga maksimal yang sama, yakni 16 tk atau setara dengan 15,7 tk. Tapi, angka ini hanya bisa dicapai pada putaran mesin 9.000 rpm bagi Sonic, dan putaran mesin 9.500 rpm untuk Satria Fu. Sedangkan torsi puncak Satria sedikit lebih kecil, yakni 12,7 Nm / 8.500 rpm dibandingkan dengan Honda Sonic yang mencapai di angka 13,5 Nm/6.500 rpm.
Gambar Suzuki Satria Fu 150
Suzuki Satria Fu 150

Jika dilihat dari angka-angka diatas sudah dapat digambarkan bahwa akselerasi Sonic 150R akan tampil lebih responsif. Namun, karena bobot Sonic yang tergolong lebih berat bisa membuat kedua motor ini seimbang. Agar lebih jelasnya simak spesifikasi lengkap pada tabel berikut:


SPESIFIKASI HONDA SONIC 150R VS SATRIA FU 150 :

Spesifikasi
Suzuki Satria F 150
Honda Sonic 150R

DIMENSI


Panjang x lebar
1.945 mm x 652 mm
1.941 mm x 669 mm
Jarak sumbu roda
1.280 mm
1.275 mm
Jarak terendah ke tanah
140 mm
140 mm
Tinggi jok
76,4 cm
76,2 cm
Berat kosong
95 kg
114 kg
Kapasitas tangki
4,2 liter
4 liter

MESIN


Jenis
4-tak, DOHC, Berpendingan oli, SACS, 4-katup, 1 silinder
4-tak, DOHC, Berpendingin cairan, 4-katup, 1 silinder
Kapasitas silinder
147,3 cc
149,16 cc
Tenaga maksimum
15,77 tk @9.500 rpm
15,77 tk @9.500 rpm
Torsi maksimum
12,7 Nm @8.500 rpm
13,5 Nm @6.000 rpm
Sistem suplai bahan bakar
Karburator
Injeksi (PGM-FI)
Rasio kompresi
10,2 : 1
11,3 : 1
Tipe pengapian
CDI
Full transisterized
Transmisi
6-percepatan
6-percepatan

RANGKA


Suspensi depan-belakang
Teleskopik-lengan ayun suspensi tunggal
Teleskopik-lengan ayun suspensi tunggal
Rem depan-belakang
Cakram hidraulis
Cakram hidraulis
Ban depan-belakang
70/90-17 38S (depan)
80/90-17 44P (belakang)
70/90-17 38Ptubeless (depan)
80/90-17 50Ptubeless (belakang)

Post a Comment

0 Comments