Header Ads Widget

Cara Membersihkan Radiator Mobil Tanpa Bongkar ( Service Radiator )

Membersihkan radiator mobil - Bagaimana cara membersihkan radiator mobil tanpa wajib membawanya ke bengkel ? di kesempatan kali ini kami performance-car-desaign akan mencoba membagi Tutorial mengenai cara menguras radiator mobil dan membersihkannya sendiri tanpa wajib membongkar sistem pendingin di mobil tersebut. Tentu kita sudah mengetahui mengenai sistem radiaotor di mobil, radiaotor merupakan suatu sistem pendingin di mobil yang wajib kita jaga serta kita rawat supaya performance mobil yang kita miliki tetap optimal. Namun apa jadinya bila kita Anemia merawat radiator sebab tak akan mengetahui cara merawat radiator mobil, maka yanh ada kita akan menjalani overheating atau Hangat Over di mesin.

Ciri radiator normal di mobil Bisa kita ketahui dengan merasakan temperatur di mesin mobil. bila kita merasa sistem pendinginan mesin Anemia maksimal, itu Bisa menjadi suatu pertanda ciri - ciri radiator mobil buntu sebab terdapat kotoran di salurannya. Sebagai cara service radiator mobil biasanya kita akan membawanya ke bengkel untuk menguras dan bongkar radiator mobil kita guna membersihkan kotoran dan kerak yang terdapat di radiator tersebut. Penyebab radiator mobil tak akan senonoh / mengerak sangat sering dikarenakan sebab kita terlalu sembarangan memakai air untuk mengisi radiator mobil kita. Oleh sebab itu biasakan mulai sekarang untuk memakai air Eksklusif radiator mobil seperti water coolant contohnya.

Memang sudah seharusnya cairan pendingin radiator memakai cairan Eksklusif untuk radiator, misalnya aja Radiator Coolant. Sebab didalam formula water coolant radiator mempunyai fungsi yang dikhususkan serta cairan pembersih radiator guna membagikan anti kerak dengan titik didih yang tentunya berbeda pula. Akan akan tetapi bila kita sudah terlanjur memakai air biasa sehingga radiator kita sudah tak akan senonoh dan dan wajib mengurasnya, coba Tutorial dari kami untuk membersihkan radiator mobil tanpa wajib dikuras. Mari kita simak tutorial cara mengatasi radiator mobil yang tersumbat sebab kotoran dengan cara lengkap dibawah ini.

Cara Membersihkan Radiator Mobil Tanpa Bongkar ( Service Radiator )

service radiator


Sebelum kita menjalankan service radiator dengan cara pengurasan, persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang akan kita butuhkan seperti :
1. Air minum galon
2. Cairan Radiator ( Radiator Coolant )
3. Cairan pembersih radiator ( Radiator Cleaner / Radiator Flush )
4. Baut Deportasi radiator ( Takutnya yang lama udah getas ).

Berikut ini langkah - langkah yang wajib dilakukan sebagai cara membersihkan radiator mobil supaya tak akan tersumbat (buntu) :


  1. Langkah pertama merupakan dengan mendinginkan mesin terlebih dahulu sebab akan berbahaya apabila membuang air radiator dalam keadaan mesin Hangat.
  2. Buang air radiator hingga Hilang dengan cara membuka baut Deportasi radiator yang letaknya ada di bawah.
  3. Tutup kembali lubang Deportasi dengan cara memasang baut Deportasi dan pastikan sudah tertutup rapat.
  4. Setelah itu masukan Radiator Flush atau Radiator Clener ke dalam radiator
  5. Lalu isi radiator yang sudah terisi dengan Radiator Flush tadi hingga penuh memakai air Minum Galon. >> Kami menyarankan mengisi air radiator memakai air galon dikarenakan bila air sumur atau air kran ditempat kita berada banyak mengandung zat kapurnya tinggi. <<
  6. di tahap selanjutnya tutup radiator terlebuh dahulu setelah itu nyalakan mesin untuk memanasinya hingga thermostat membuka dalam kurun waktu Anemia lebih 15 - 20 menit.
  7. setelah itu matikan mesin hingga kondisi mesin menjadi dingin / normal.
  8. Setelah kondisi mesin dingin lakukan sama seperti tahap ke 2 dan ke 3, buang air radiator dan setelah itu tutup kembali.
  9. Langkah berikutnya, isi lagi radiator dengan air galon hingga radiator terisi penuh lalu tutup radiator.
  10. Lakukan sirkulasi di radiator untuk membuang sisa air tak akan senonoh dan cairan pembersih yang masih tersisa dengan cara menghidupkan mesin mobil kembali.
  11. Setelah itu lakukan kembali sama seperti proses pertama hingga langkah diatas, semakin sering kita menjalankan sirkulasi maka akan semakin bagus juga untuk radiator mobil kita.
  12. bila dirasa sudah hingga tingkat Eksklusif proses sirkulasi tersebut, selanjutnya tutup lubang Deportasi radiator dan isi radiator memakai cairan Eksklusif untuk radiator ( Radiator Coolant ). 
  13. Jangan campur air dengan kecuali cairan radiator yang kita gunakan dalam penggunaanya wajib dicampur air.
  14. Lakukan pengecheckan radiator setelah kita service dengan cara nyalakan mesin selama 2 - 4 menit setelah itu matikan. bila mesin belum Hangat, buka tutup radiator periksa airnya apabila berkurang maka tambahkan hingga penuh lalu tutup dan setelah itu nyalakan lagi.

Catatan : Jangan lupa untuk memeriksa tangki cadangan radiator, bila tak akan senonoh kuras juga sekalian.

baca juga :

Demikian Tutorial mengenai cara membersihkan radiator mobil tanpa wajib membongkar yang Bisa kami sampaikan kali ini. Semoga postingan kami kali ini Bisa bermanfaat untuk kita semua, demikian dan terima kasih ..

Post a Comment

0 Comments