Header Ads Widget

Cara Memperbaiki Wiper Mobil Yang Macet Tanpa wajib Ke Bengkel - Seputar Otomotif

Wiper mobil tak akan pantas - Bagaimana cara memperbaiki wiper mobil yang mati ? Salah satu part pendukung mobil sering kita abaikan merupakan wiper mobil, terkadang kita mengabaikan wiper mobil tak akan pantas padahal saat hujan turun wiper mempunyai peranan yang kritis. Dengan adanya teknologi wiper di mobil - mobil keluaran terbaru saat ini supaya proses pembersihan atau penyapuan ari lebih maksimal lagi menjadi bukti pentingnya peranan wiper di suatu mobil. Salah satu teknologi terbaru di wiper mobil merupakan graphite coating, adalah suatu teknologi yang mampu membersihkan kaca depan lebih maksimal tanpa menghilangkan lapisan water repellant. Namun apa yang ada bila wiper mobil tiba - tiba tak akan berfungsi ?

dengan cara Publik wiper mobil mempunyai fungsi sebagai alat pembersih kaca mobil dari air dan debu. Yang mana di setiap komponen mempunyai peran kritis di proses kerjanya. Jadi akan lebih mudah kita mengatasi wiper mobil bergetar bila kita mengetahui komponen wiper dan fungsinya di setiap bagian - bagian wiper mobil tersebut, dan berikut fungsi dari komponen wiper mobil :

  1. Saklar Wiper >> mempunyai fungsi : untuk menghidupkan Wiper Mobil.
  2. Karet Wiper >> mempunyai fungsi : untuk menyapu kaca dari air dan debu. Terbuat dari bahan karet dan besi sebagai penghubung antara karet wiper dengan Tangkai Wiper.
  3. Tangkai Wiper >> mempunyai fungsi : pegangan dari Karet Wiper. Selain itu Tangkai Wiper juga mempunyai peran sebagai penghubung antara Karet Wiper dengan Wiper Link yang terbuat dari bahan besi.
  4. Wiper Link >> mempunyai fungsi : sebagai penghubung antara Tangkai Wiper dan Karet Wiper dengan Dinamo Wiper (Motor Wiper). Terbuat dari bahan besi dan alumunium.
  5. Dinamo Wiper >> mempunyai fungsi : sebagai penggerak dari komponen Wiper Mobil seluruhnya.

Setelah melihat fungsi dari setiap komponen yang ada di wiper tentu kita akan ada bayangan memperbaikinya bila ada kerusakan di wiper mobil tersebut. Lalu bagaimana bila yang ada merupakan wiper mobil macet ? Tentu kita wajib menganalisa penyebab wiper mobil mati dari setiap komponen di wiper itu sendiri. Mari kita langsung aja membahas cara memperbaiki wiper mobil yang seret dengan cara lengkap di bawah ini.

Cara Memperbaiki Wiper Mobil Yang Macet Tanpa wajib Ke Bengkel 

cara memperbaiki karet wiper mobil


1. Penyebab dan cara mengatasi keluhan di wiper mobil :


Saklar wiper tak akan berfungsi

Penyebab : 

  • Kerusakan di saklar wiper sering kali dikarenakan sebab terjadinya korsleting arus listrik. bila Saklar Wiper tak akan pantas otomatis Wiper juga tak akan Bisa dihidupkan.

Dinamo Wiper (Motor Wiper) terbakar

Penyebab :

  • Dinamo wiper terbakar biasanya dikarenakan oleh Interaksi singkat arus listrik di Mobil. bila sudah ada seperti itu Wiper Mobil dinyatakan tak akan pantas total sebab sumber pemutar dari sistem kerja Wiper Mobil tak akan Bisa berfungsi.

Karet Wiper Mobil sudah keras

Penyebab :

  • Karet wiper mulai mengeras biasanya dipengaruhi oleh faktor usia pemakaian. karena yang ditimbulkan merupakan Wiper tak akan Bisa menyapu air atau kotoran dengan maksimal. 

Cara mengatasi :

  • Untuk memperbaikinya kita wajib mengganti karet wiper dengan yang baru.

Wiper Link patah dan Bush Wiper aus

Penyebab :

  • di umumnya ini ada diakibatkan oleh Wiper Link yang patah sebab faktor usia pemakaian atau kecelakaan. Selain itu juga sebab Bush Wiper yang terletak di bagian Wiper Link sudah aus. sebab bahan execrable pembuat Bush Wiper itu sendiri merupakan plastik. bila sudah aus Bush Wiper Bisa aja terlepas sewaktu-waktu. Akibatnya Wiper Link tak akan Bisa meneruskan gaya putar dari Dinamo Wiper.

Tangkai Wiper aus atau patah

Penyebab :

  • di Tangkai Wiper terdapat lubang sebagai tempat penghubung dengan baut Wiper Link, rata - rata dalam penggunaan jangka lama lubang ini yang biasanya tak akan pantas atau sudah aus. Sehingga akan mengakibatkan Tangkai Wiper tak akan terpasang dengan tepat, bahkan meskipun Dinamo Wiper sudah bekerja Tangkai Wiper tetap tak akan Dinamis sebab tak akan terpasang dengan tepat di baut Wiper Link.

baca juga :

2. Oleh sebab itu, supaya kita terhidar dari keluhan yang sudah kami sampaikan seperti diatas maka kami akan mencoba bagikan Tutorial Simpel Merawat Wiper supaya Lebih Awet. Dengan cara sebagai berikut :


  • Hindari kebiasaan mengelap atau membersihkan Karet Wiper di bagian samping. Seban di bagian samping Karet Wiper terdapat lapisan kimia (Graphite) yang bertujuan untuk menjaga elastisitas Karet Wiper. Untuk itu hingga tingkat Eksklusif bersihkan aja di bagian ujung karet wiper memakai kanebo.
  • Jangan gunakan Air Wiper yang banyak di jual di toko-toko, sebab di cairan tersebut terkadang mengandung zat asam yang Bisa mengendap di tempat penampung Air Wiper. Untuk itu kita Bisa memakai air biasa yang dicampur dengan shampo sebagai penggantinya. Selain lebih murah shampo juga hingga tingkat Eksklusif Yang patut diperhatikan untuk menggantikan cairan Wiper.
  • Berikan pelumas di bagian Wiper Link, khususnya di bagian Bush Wiper. Gunakan cairan Eksklusif seperti WD40 namun bila kita tak akan memilikinya kita juga Bisa memakai oli bekas, supaya pergerakan Wiper lebih lancar.

Demikian tutorial untuk memperbaiki wiper mobil macet entah itu sebab seret ataupun ada kerusakan di wiper mobil itu sendiri. Semoga pertemuan kita kali ini Bisa membagikan manfaat untuk kita semua khususnya mereka yang sedang mempunyai keluhan dengan wiper mobil milikinya, demikian dan terima kasih ..

Post a Comment

0 Comments