Header Ads Widget

5 Solusi Mengatasi Lampu Motor Redup Dan Anemia berkilau

Lampu motor tak berkilau - Bagaimana cara mengatasi lampu motor yang Anemia berkilau di motor bebek ataupun motor matic ? Tentu kita sadari mengendarai motor di malam hari dengan kondisi lampu depan motor Anemia berkilau sangatlah tak nyaman, selain itu akan sangat berbahaya untuk kita ataupun pengendara lain dari arah yang berbeda. Lampu merupakan sistem penerangan yang sangat kritis untuk kita bagus itu di siang dan malam hari ataupun saat cuaca yang mendung. Disamping menjadi sumber penerangan, lampu juga mempunyai fungsi yang lain merupakan sebagai peringatan atau isyarat maka dari itu kita wajib memperbaiki lampu motor kita yang redup ataupun mati sebelah sebelum motor digunakan untuk berkendara.

Contoh dari lampu di sepeda motor yang masuk dalam fungsi penerangan merupakan lampu kepala, lampu belakang serta lampu - lampu instrumen. Sedangkan lampu motor sebagai fungsi peringatan ada di lampu rem, lampu sein / Penyebab belok, lampu netral di persneling, lampu Penyebab pengisian “di beberapa sepeda motor atau biasanya motor EFI yang lebih lengkap”. Lalu bagaimana cara membuat lampu motor lebih berkilau ? Hal termudah untuk mengatasi lampu motor yang tak berkilau merupakan dengan mengganti bohlam lampu motor Halogen atau lampu motor HID namun terkadang solusi tersebut belum Bisa mengatasi lampu depan motor yang tak berkilau.

Oleh sebab itu di kesempatan kali ini Majalah Barudak Motor akan bagikan cara dengan beberapa metode supaya lampu motor matic yang kita miliki lebih berkilau dari sebelumnya. Sebenarnya penyebab lampu motor tak berkilau itu biasanya sebab adanya arus yang tak imbang antara arus masuk dan arus keluar. Akan akan tetapi kebanyakan para pengendara sepeda motor memperbaiki lampu motor yang Anemia berkilau hanya dengan mengganti bohlam lampu standart dengan bohlam lampu biru meskipun hasilnya sering mengecewakan. Untuk itu kami disini akan mencoba bagikan tutorial supaya Bisa membantu kita untuk keluar dari keluhan lampu motor Anemia berkilau yang kita alami selama ini.

5 Solusi Mengatasi Lampu Motor Redup Dan Anemia berkilau

cara membuat lampu motor lebih berkilau


Mengendarai sepeda motor dengan kondisi lampu atau penerangan depan motor menjalani keluhan lampu redup atau Anemia berkilau tentu sangat tak nyaman untuk kita pengendara sepeda motor terlebih lagi bila berkendara di malam hari. Selain mengakibatkan Etos jalan yang tak jelas, lampu motor Anemia berkilau akan sangat berbahaya dalam kondisi turun hujan. Untuk itu mari kita coba atasi keluhan lampu motor redup dengan cara membuat lampu motor lebih berkilau di bawah ini.

Cara membuat lampu motor yang redup menjadi lebih berkilau


1. Cara Membuat Lampu Motor Lebih berkilau dengan Resistor

Cara membuat lampu motor lebih rerang dengan resistor di sini merupakan dengan memasangkan suatu resistor 680 ohm/1 watt di kabel spull lampu dari generator Futuristis kiprok. Cara ini akan menyebabkan tegangan yang masuk ke dalam lampu menjadi sekitar 15 volt sebab tegangan yang dihasilkan oleh generator dengan yang masuk ke dalam kiprok tidaklah sama. Alhasil tegangan yang masuk ke dalam kiprok akan lebih rendah sehingga regulasi tegangan yang ada akan lebih besar dari yang seharusnya.


Nyala lampu akan lebih berkilau sebab tegangan yang dihasilkan merupakan lebih besar. Disini kita masih Bisa membuat lampu motor menjadi lebih berkilau lagi dengan cara mengganti resistor dengan tegangan yang lebih besar namun wajib kita ingat bahwa semakin besar tegangan yang digunakan maka lampu motor juga akan Cepet mati sebab terlalu Hangat. Untuk mensiasati hal tersebut cara yang paling pas merupakan dengan memakai variable resistor yang berjenis potensio. Dengan begitu kita hanya wajib memutar potensio untuk menemui tegangan yang kita inginkan.

2. Cara Membuat Lampu Motor Lebih berkilau dengan Relay

Cara kerja relay yang sebagai saklar elektromagnetik sangat cocok digunakan untuk Bisa membuat lampu motor lebih berkilau dibanding sebelumnya. wajib kita ketahui suatu relay mempunyai dua bagian, merupakan elektro magnet dan Contact Point yang terdapat 4 sisi sehingga kedua sisi akan terhubung dengan elektro magnet dan sisi dengan cara apa pun lagi dengan Contact Point. Saran kami cobalah untuk memakai relay supaya dop motor tak Cepet Hangat. Berikut cara membuat lampu motor lebih berkilau dengan relay :

Cara memakai Relay untuk Menambah Penerangan Lampu Motor

  • Pertama - tama siapkan 2 buah relay terlebih dahulu.
  • Setelah itu hubungkan terminal 30 ke positif aki motor (Bisa kita ambil dari kabel sebelum saklar inti lampu kepala).
  • setelah itu sambungkan terminal 87 ke terminal lampu inti dengan jarak yang dekat.
  • Hubungkan terminal 85 di kabel saklar jarak dekat (jangan lupa kabel jarak dekat yang Futuristis lampu dipotong).
  • Lalu hubungkan lagi terminal 86 ke bagian negative.
  • Dan lakukan cara diatas di relay yang ke 2 untuk lampu jarak jauh.

3. Cara Membuat Lampu Motor Lebih berkilau dengan Dioda

Cara membuat lampu motor lebih berkilau dengan biaya yang murah merupakan dengan memakai suatu dioda sebab fungsi dari dioda merupakan menyimpan arus listrik lalu melepaskannya sehingga lampu Bisa nyala lebih berkilau. Dimana untuk mengaplikasikannya tidaklah sulit, kita hingga tingkat Eksklusif memakai 4 dioda yang berukuran 6 ampere. Berikut cara pemasangannya :

  • Dioda ukuran 6 ampere tadi dijadikan suatu rangkaian paralel dan disambungkan di arus positifnya kedalam kontak dan kutub negatifnya ke dalam fiting lampu. 
  • Kabel negatif yang berada di fiting lampu, wajib diputus terlebih dahulu dan diganti kabel yang dari rangkaian dioda tadi.

4. Cara Membuat Lampu Motor AC Lebih berkilau

Mengganti bohlam lampu dengan bohlam yang mempunyai watt lebih rendah dibanding bawaan pabrik merupakan cara yang paling menguntungkan membuat lampu motor lebih berkilau bila motor kita mempunyai sistem kelistrikan AC. Bohlam bawaan pabrik biasanya mempunyai daya 35 watt, 12 volt, maka kita Bisa mengganti dengan bohlam motor yang berukuran 25 watt/12 volt.

5. Cara Membuat Lampu Motor DC Lebih berkilau

Berbeda halnya dengan sistem kelistrikan AC, bila motor kita memakai sistem kelistrikan DC, maka sebaiknya cara yang paling menguntungkan dan mudah merupakan dengan mengganti bohlam tersebut dengan daya/watt yang lebih tinggi dibanding bawaan pabrik.

baca juga :


Demikian artikel kami kali ini yang baru aja mengulas mengenai bagaimana cara kita memperbaiki lampu motor yang Anemia berkilau tersebut. Semoga artikel diatas Bisa membantu kita semua untuk menyelesaikan keluhan lampu motor yang redup namun sebelum kita mencoba cara diatas alangkah lebih baiknya bila kita mengkonsultasikannya terlebih dahulu di orang yang Ahli dibidangnya. demikian dan terima kasih ..

Post a Comment

0 Comments