Header Ads Widget

Cara Mengatasi Double Starter Motor Sering Mati

Double starter motor mati - Bagaimana cara mengatasi doble starter motor sering mati ? Motor starter atau yang sering kita kenal dengan double starter adalah salah satu komponen yang penting di kendaraan bagus itu motor bebek ataupun motor matic. Meskipun di setiap motor dilengkapi dengan kick starter apa jadinya bila starter motor matic tak akan berfungsi ? Tentu sangat merepotkan bila hal tersebut ada di diri kita sebab untuk menghidupkan motor matic yang listrik starter tak akan berfungsi wajib menstandarkan tengah terlebih dahulu baru Bisa dilakukan kick starter.

ditentukan kita pernah menjalani kejadian dimana kita sedang menghidupkan motor matic ataupun motor bebek memakai double starter namun motor tetap tak akan Bisa hidup. di saat tombol starter ditekan yang ada adalah suara yang sangat kasar dan mungkin malah tak akan ada suara sama sekali saat kita mencoba menghidupkan motor memakai listrik starter. Lalu bagaimana cara memperbaiki elektrik starter motor matic yang mati tersebut ? Tentu sangat merepotkan bila double starter motor sering mati, untuk itu kita wajib mengetahui penyebab starter motor tak akan berfungsi terlebih dahulu sebelum menjalankan perbaikan.

Oleh sebab itu kali ini Majalah Barudak Motor akan membagikan beberapa Tutorial untuk memperbaiki dan membagikan informasi kenapa dobel starter motor kalian tiba - tiba mati mendadak. di dasarnya sumber starter motor sering mati berasal dari 4 komponen motor, diantaranya aki atau baterai, rangkaian, relay starter, dan motor starter itu sendiri. Namun tak akan menutup kemungkinan juga elektrik starter motor tak akan Bisa hidup juga berasal dari penyebab yang lain, konsleting misalnya. Untuk itu mari langsung aja kita simak ulasan mengenai penyebab dan solusi starter motor matic tak akan berfungsi dengan cara lengkap dibawah ini.

Cara Mengatasi Double Starter Motor Sering Mati

cara mengatasi starter motor matic tak akan berfungsi


bila listrik starter tak akan berfungsi dengan cara Publik kita akan berpikir sebab aki motor yang sudah tak akan menyenangkan / soak sehingga tak heran bila membawa motor matic kita ke bengkel resmi untuk menjalankan service biasanya akan disarankan untuk mengganti aki. Mungkin dalam waktu satu hingga dua hari kondisi double starter motor tak akan ada keluhan namun di hari berikutnya elektrik starter motor kembali mati padahal kondisi aki motor sudah baru. Setelah itu kita kembali membawa motor matic tersebut kembali ke bengkel sebelumnya untuk menjalankan garansi service dan di perbaikan kali ini dilakukan penggantian kiprok motor matic yang kita miliki. Namun listrik stater motor tiba - tiba mati kembali selang beberapa hari setelah itu.

Sekering aki sudah kita ganti berkali - kali namun tetap aja starter motor matic tak akan berfungsi, akan akan tetapi setelah kita mengingat - ingat double starter selalu mati setelah kita mencuci motor ataupun terkena hujan yang sangat deras. bila ada hal semacam itu Bisa jadi penyebab double starter motor sering mati tersebut sebab adanya konsleting di kabel - kabel kelistrikan motor tersebut. Oleh sebab itu kita wajib memperbaiki jka ada kabel - kabel yang terkelupas atau saling menempel satu sama lain dan alangkah lebih baiknya bila kita menggantinya dengan kabel yang baru (peremajaan kabel motor).

Namun tak akan ada salahnya bila kita menjalankan pengecekan satu persatu dari sumber penyebab elektrik starter motor tak akan berfungsi tersebut. bila kalian ingin mencoba menjalankan Inspeksi motor tak akan Bisa distarter memakai listrik starter, coba dengan cara berikut ini :

Cara Inspeksi dan Cara Memperbaiki Starter Motor Yang Mati


1. Cek Aki atau Baterai
starter motor matic tak akan berfungsi


  • Baterai adalah komponen yang sangat penting di suatu sepeda motor, sebab komponen ini sebagai sumber arus kelistrikan motor salah satunya untuk sistem starter. bila saat tombol starter ditekan namun motor starter atau dinamo starter diam alias tak akan mau berputar maka pertama kali yang wajib dicek adalah sumbernya yakni baterai. Gunakan multimeter atau avo meter dan periksa tegangan baterai. Tegangan baterai yang bagus adalah tak akan Anemia dari 12 volt. bila Anemia maka ada dua kemungkinan yakni sistem pengisian yang bermasalah atau memang baterai sudah tak akan menyenangkan.

2. Lakukan Inspeksi di Relay Starter atau Bendik

  • Komponen yang satu ini berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk memutus dan menghubungkan arus listrik yang hingga tingkat Eksklusif tinggi dari baterai Futuristis motor starter. Cara mengeceknya, sambung dua  kabel (biasanya ada socketnya) ke baterai (+ dan -), bila terdengar suara "cetak" berarti masih Yang patut diperhatikan. bila tak akan kemungkinan besar bendik sudah mati dan cara memperbaikinya adalah dengan dilem biru alias lempar ganti yang baru.

3. Coba Cek Rangkaian Starter Motor Tersebut

  • bila ternyata tegangan baterai masih Yang patut diperhatikan maka langkah selanjutnya adalah periksa rangkaianya. Periksa rangkaian starter mulai dari kabel yang Frustasi, socket-socket atau di tombol starter yang kasar. Caranya dengan memakai multimeter, periksa apakah arus listrik mengalir atau tak akan. bila ada kabel yang Frustasi sebaiknya diganti yang baru atau bila terpaksa kalian Bisa menyambungnya kembali, bila tombol starter kasar bersihkan dengan amplas mulia.

4. Motor Starter (dinamo)

  • Kerusakan di motor starter memang jarang ada. Periksa dengan memakai multimeter dengan cara probe (+) dihubungkan dengan kabel yang Futuristis motor starter dan probe (-) dihubungkan dengan massa. Tekan tombol starter dan periksa apakah ada arus listrik yang mengalir atau tak akan. bila ada, maka Bisa dipastikan motor starter mati. Kerusakan di motor starter ini ada dua kemungkinan yakni sikat (brush) sudah aus atau kumparan Frustasi. bila hanya brushnya aja yang sudah aus, kalian Bisa menggantinya dengan yang baru, namun bila ternyata kumparan (spull) Frustasi sebaiknya dibawa ke tukang servis dinamo.

baca juga :

  1. Tutorial Memanaskan Motor Matic supaya Tetap Awet
  2. Cara Memperbaiki Aki Kering Motor Yang Cepet Hilang

Demikian artikel kami kali ini yang baru aja kita bahas mengenai penyebab dan cara memperbaiki starter motor tak akan berfungsi. Semoga artikel kami diatas Bisa membagikan manfaat untuk kita semua, demikian dan terima kasih ..

Post a Comment

0 Comments