Header Ads Widget

Knalpot Motor Satria F Sering Nembak ? Atasi Dengan Cara Ini !!

Knalpot nembak di satria fu - Bagaimana cara mengatasi knalpot nembak di motor satria fu 150 ? Knalpot nembak adalah keluhan yang sering ada di setiap motor, bagus itu motor matic ataupun motor bebek dan juga motor sport dengan sistem pembakaran karburator ataupun Injeksi. Sering kali kejadian knalpot nembak motor Injeksi ada di saat gas dilepas ataupun saat menghidupkan motor memakai kick starter. Tentu keluhan seperti knalpot nembak - nembak tersebut tak Bisa kita abaikan begitu aja apalagi wajib menunggu hingga knalpot motor satria f nembak dan keluar Api.

Mungkin diantara kita beranggapan bahwa keluhan knalpot motor nembak saat gas dilepas di satria fu adalah keluhan yang biasa - biasa aja. Namun bila kita terlalu lama membiarkan munculnya suara ledakan di knalpot satria f 150 bagus karburator ataupun Injeksi akan berdampak buruk di mesin motor satria yang kita miliki tersebut. Oleh sebab itu kita wajib Cepet mencari tahu apa penyebab knalpot satria fu nembak dan bagaimana cara memperbaiki knalpot nembak2 di motor satria fu tersebut. Sebab bila kita biarkan begitu aja knalpot nembak tersebut tak hanya ada saat gas dilepas aja melainkan akan ada di rpm tinggi, knalpot nembak saat deselerasi dan juga saat mesin mati.

tak normalnya pembakaran bahan bakar yang ditandai dengan suara knalpot nembak di satria fu di rpm tinggi dan terkadang keluar Api inilah yang dinamakan dengan knocking. Ignition timing Anemia tepat, detonation dan pre ignition, serta oktan bahan bakar yang sering menjadi penyebab knalpot nembak2 di motor satria f 150cc. Namun bila kita membiarkan suara ledakan di knalpot motor selama berlarut - larut maka akan mmberikan karena yang buruk di mesin satria f yang kita miliki tersebut. Oleh sebab itu pada Majalah Barudak Motor ini akan membagikan beberapa Tutorial untuk mengatasi knalpot motor nembak dan keluar Api dengan cara lengkap di ulasan dibawah ini.

Knalpot Motor Satria F Sering Nembak ? Atasi Dengan Cara Ini !!

cara mangatasi knalpot nembak satria fu



Suara knalpot motor yang nembak inipun tak hanya ada di saat motor melaju di kecepatan tinggi namun terkadang keluhan seperti ini juga ada di saat knalpot motor nembak saat gas dilepas, knalpot nembak saat kick starter dan juga knalpot nembak saat tutup gas. Jadi kita tak wajib kaget bila saat berkendara tarikan gas yang tadinya kenceng tiba - tiba turun drastis sehingga suara meledak di knalpot inipun muncul. Dan tahukah kita Imbas dari knalpot motor nembak ini bila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama ?

Terkadang kerusakan di pecahan connecting rod, piston dan pecahan mesin dengan cara apa pun Bisa ditimbulkan dari bunyi ledakan yang disertai dengan getaran yang hingga tingkat Eksklusif kencang. Selain itu bila kita membiarkan knalpot racing nembak dari motor fu 150 milik kita tentu akan mengganggu kenyamanan masyarakat disekitar kita. Oleh sebab itu sebelum kita mengulas lebih jauh cara memperbaiki suara nembak di knalpot, sebaiknya bila kita ketahui terlebih dahulu penyebab suara nembak di knalpot motor satria 150cc tersebut.

Penyebab klapot satria fu nembak


1. Detonation dan Pre Ignition

Penyebab suara nembak di knalpot motor satria f yang pertama merupakan sebab terjadinya Detonation dan Pre Ignition. Detonation sendiri mempunyai arti dimana tak sempurnanya campuran udara di bahan bakar dengan Perkataan lain pembakaran sudah ada sebelum busi motor bekerja. Terjadinya pembakaran prematur ini menimbulkan suatu tekanan dalam ruang bakar sehingga melepaskan suara yang kencang.

Sedangkan pre ignition sendiri merupakan tekanan dan temperatur di ruang bakar terlalu tinggi atau oktan bahan bakar yang rendah dimana akan berdampak bahan bakar tersebut Bisa terbakar dengan sendirinya sebelum bunga Api ada sebab hasil kinerja busi. Dengan Perkataan lain hal yang membedakan antara Detonation dengan Pre Ignition merupakan di pecahan pembakarannya.

Oleh sebab itu knocking akan Bisa ada bila kita mengisi bahan bakar di motor dimana motor tersebut wajib diisi dengan memakai bahan bakar dengan oktan sedang atau besar namun kita berikan oktan kecil. Jadi bila kita pernah mendengar pencampuran bahan bakar akan membagikan karena yang positif, itu semua tak selalu tepat sebab pencampuran tersebut tak membawa Imbas apapun.

2. Air Injection System (AIS)

Lalu penyebab knalpot motor nembak dan keluar Api selanjutnya yang sering ada khusunya di motor satria fu Injeksi merupakan suara ledakan yang berasal dari AIS (Air Injection System). Sebenarnya Air Injection System ini mempunyai fungsi sebagai pengurang kepekatan di gas buang dengan cara menginjeksikan O2 ke ruang bakar, dengan Perkataan lain campuran O2 dari AIS ini mampu menetralkan pembakaran yang Anemia sempurna. Jadi apabila gas sisa pembakaran yang tak Turut keluar melalui gas buang di motor Injeksi akan menimbulkan tekanan dan suara seperti letupan atau ledakan atau nembak.

3. Packing yang inferior

Penyebab knalpot nembak fu selanjutnya berasal dari packing knalpot motor yang inferior. Sering kali kerusakan knalpot motor ada di saat pengiriman yang mana Bisa mengakibatkan gas buang akan menjalani kebocoran dan menimbulkan suara ledakan.

4. Karet vacum yang mengeras

Tentu kita megetahui karet vacum mempunyai fugsi untuk membuka lubang venturi saat skep naik. Apabila karet vacum ini mengeras maka akan berdampak di proses pembukaan yang Anemia maksimal dan Bisa mengakibatkan mampet atau tertahan. Cara memperbaiki untuk karet vacum yang sudah mulai mengeras ini merupakan dengan mengganti karet vacum yang baru, bila wajib ganti yang original atau yang berkualitas Yang patut diperhatikan. Karet Vacum ini sendiri mengeras dikarenakan Hangat mesin yang Over atau seringnya terkena cipratan dari bahan bakar.

Selain penyebab knalpot muncul suara meledak dan nembak2 diatas, penyebab lain yang mungkin Bisa ada merupakan :

  • Penyebab knalpot nembak dan keluar Api sebab pengaturan angin - angin di karburator yang Anemia tepat. Anjuran pabrik, kerenggangan celah busi Baku Satria FU merupakan 0,7-0,8 mm. Namun entah sebab sengaja dirapetin atau sebab pemakaian serta jarang dicek, tak jarang kerenggangan berubah menjadi lebih rapat atau sebaliknya.
  • Penyebab knalpot nembak sebab kondisi dari piranti knalpot yang tak standart.
  • Penyebab knalpot nembak saat kick starter sebab kondisi busi yang tak cukup pakai.

Setelah kita mengetahui penyebab knalpot nembak di motor satria fu tersebut maka diharapkan kita Bisa mengatasi keluhan knalpot nembak tersebut berdasarkan penyebab yang ada. Sebab bila kita salah dalam menjalankan perbaikan tentu malah akan menambah keluhan yang ada. Untuk itu mari kita lihat bagaimana cara memperbaiki memperbaiki suara knalpot nembak di motor satria f 150cc dengan cara lengkap dibawah ini.

Cara memperbaiki knalpot nembak di satria fu


1. Periksa kondisi busi

  • Cek kelayakan busi di setiap kali kita menjalankan perawata atau service motor, usahakan selalu mengecek kondisi kelayakan dari busi motor kita. bila sudah tak cukup pakai, Cepet ganti dengan busi yang baru. Kelayakan suatu busi normalnya merupakan tiap 6000 km wajib diganti. setelah itu jangan hingga lupa untuk menjalankan pengaturan ulang gap busi menjadi 0.7 mm memakai fuller gauge.

2. Periksa pengaturan karburator

  • Kita lihat di pecahan karburator dan teman-temannya. Cek pengaturan di pilot screw atau angin-angin di karburator. di penyetelan ini disarankan sesuai dengan standart motor merupakan 2 hingga 3 putaran atau sesuai dengan kebutuhan dan kriteria motor kita. Bawaan pabrik, tunggangan berlambang S ini karburatornya dibekali pilot jet (PJ) ukuran 12,5. Efeknya ada yang mengeluh di putaran bawah cukup brebet serta timbul gejala nembak-nembak dari lubang knalpot saat puntiran gas dilepas. Itu sebab lubangnya kekecilan, sehingga konsumsi bensin ke ruang bakar cukup tercekik (irit). Hal ini banyak dialami pembesut Satria F yang datang ke sini. Solusinya, lepas PJ orisinalnya pakai obeng min setelah itu ganti dengan PJ ukuran lebih besar, yakni 17,5.

baca juga :

  1. Daftar Harga Motor Satria Fu Baru dan Bekas Di Tahun 2017
  2. Daftar Oli Terbaik Satria Fu Untuk melonjakkan Performa Mesin

3. Periksa filter udara

  • Lakukan checking juga di filter udara. Filter udara ini berfungsi untuk menyaring udara yang kasar supaya tak menghambat saluran udara ke karburator. Kelayakan dari filte udara ini biasanya hingga 15.000 km. Beberapa jenis motor ada yang memakai filter udara dengan tipe basah dan kering. bila motor kita memakai filter udara dengan elemen kering, kita hingga tingkat Eksklusif menyemprotkan filter tersebut memakai kompresor, tapi bila memang sudah sangat kasar lebih bagus ganti yang baru. Nah, untuk filter dengan elemen basah, saat sudah mencapai 15.000 km alangkah baiknya langsung diganti, sebab elemen basah tak Bisa disemprot dengan mudah.

4. Periksa Air Injection System (AIS)


  • Rutin lakukan pengecekan di AIS bila wajib. Kesalahan yang sering ada di AIS biasanya ada di membran yang suka error. Solusi untuk mengatasi hal ini sebenarnya mudah, kita hingga tingkat Eksklusif menutup selang AIS yang Futuristis ke lubang buang.

5.  Lakukan perawatan dengan cara rutin

  • Rutin lakukan service berkala di motor kita, supaya Bisa mengetahu gejala atau penyakit apa yang dialami sama motor kita. Dengan service rutin, motor kita juga bakalan terawat dengan bagus serta kemampuannya pun tetap terjaga.

Demikian artikel kami kali ini yang baru aja telah kita bahas mengenai solusi dan penyebab knalpot nembak dan keluar Api. Semoga artikel kami diatas Bisa membantu kita yang selama ini telah menjalani keluhan knalpot nembak sehingga performa motor satri fu kita menjadi berkurang. demikian dan terima kasih atas kunjungan kita di situs kami ini dan mohon maaf bila ada Perkataan serta cara penanganan yang Anemia sesuai untuk kita. Salam otomotif ..

Post a Comment

0 Comments